Salut! Meski di Atas Kursi Roda, Pria Ini Gigih Berbagi dan Berjualan Camilan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 27 Mei 2021 16:00 WIB
Salut! Meski di Atas Kursi Roda, Pria Ini Gigih Berbagi dan Berjualan Camilan Foto: Facebook Daniel Cheng
Jakarta -

Meski dalam kondisi di atas kursi roda, pria sebatang kara ini memiliki jiwa sosial tinggi. Ia rutin berbagi makanan kepada orang yang membutuhkan sambil berjualan kerupuk.

Terlahir dalam keadaan tidak normal tidak membuat pria di Malaysia ini menjadi patah semangat. Ia justru memiliki semangat hidup yang tinggi, bahkan bisa disebut melebihi orang-orang normal lainnya.

Adalah Daniel Cheng, pria berusia 30 tahun yang terlahir dalam keadaan cerebral palsy. Cerebral palsy adalah kelainan motorik yang disebabkan oleh perkembangan otak yang tidak normal.

Baca Juga : Salut! Difabel Ini Tempuh Klaten-Yogya Jajakan Kerak Nasi dan Tisu

Salut! Meski di Atas Kursi Roda, Pria Ini Gigih Berbagi dan Berjualan CamilanSalut! Meski di Atas Kursi Roda, Pria Ini Gigih Berbagi dan Berjualan Camilan Foto: Facebook Daniel Cheng

Kondisi itu dapat mempengaruhi kemampuan bergerak dan keseimbangan postur tubuh. Oleh karena itu, Daniel tidak dapat berjalan, sehingga ia harus menggunakan kursi roda untuk menjalani kegiatan sehari-hari.

Mirisnya lagi, Daniel hidup sendiri. Ibunya telah meninggal saat melahirkannya. Sementara sang Ayah pergi meninggalkannya saat ia berusia 5 tahun. Hingga sampai saat ini, Daniel masih berusaha mencari ayahnya.

Daniel kemudian dibesarkan di sebuah pusat dan kini ia hidup sendirian. Terlepas dari kondisinya, Daniel dengan tabah melewati kesulitan yang dihadapi dan terus melakukan yang terbaik untuk mencari nafkah.

Salut! Meski di Atas Kursi Roda, Pria Ini Gigih Berbagi dan Berjualan CamilanSalut! Meski di Atas Kursi Roda, Pria Ini Gigih Berbagi dan Berjualan Camilan Foto: Facebook Daniel Cheng

Dikutip dari World of Buzz (26/05) Daniel mencari nafkah dengan memulai usaha kecil-kecilnya, yakni menjual kue dan kerupuk. Hasil dari jualan makanannya tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Saya menjual keripik dan biskuit lezat untuk mendapatkan lebih banyak uang guna menutupi biaya hidup sehari. Mulai dari membayar kamar, sewa, membeli makanan dan membayar tagihan," tulis Daniel di Facebook.

Lebih lanjut, Daniel menyebutkan kalau camilan yang dijual tersebut didapatkan dari pemasok. Selain itu, Daniel juga menjual masker, filter air dan deng deng bakar.

Salut! Meski di Atas Kursi Roda, Pria Ini Gigih Berbagi dan Berjualan CamilanSalut! Meski di Atas Kursi Roda, Pria Ini Gigih Berbagi dan Berjualan Camilan Foto: Facebook Daniel Cheng

Kisah semangat hidup Daniel membuat banyak orang terharu. Salah satunya Joash yang belum lama ini mengunjungi Daniel di rumahnya di Kuala Lumpur, Malaysia. Menurut Joash, Daniel merupakan sosok yang menginspirasi.

"Dia adalah orang yang sangat positif dan memiliki banyak cinta untuk diberikan. Dia tidak memiliki masa kecil yang menyenangkan dan masih mencari ayahnya sejak muda," ujar Joash.

Joash mengakui bahwa Daniel adalah sosok yang pantang menyerah. Selain itu, Daniel juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Ia rutin memberikan makan orang lain yang membutuhkan.

"Selain itu, saya menyukai sosoknya karena dia menghargai bantuan saya. Bahkan dia mengundang saya untuk ulang tahunnya. Saat pikir kepribadian dia sudah menyentuh hati saya," tutup Joash.

Baca Juga : Luar Biasa! 5 Restoran Ini Pekerjakan Penyandang Disabilitas



Simak Video "Bikin Laper: Nikmatnya Menyantap Ayam Goreng dengan Sup Iga"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com