Kisah Pemilik Warung Makan yang Tak Mau Ambil Untung Ini Tuai Pujian

Riska Fitria - detikFood Senin, 24 Mei 2021 19:00 WIB
Kisah Pemilik Warung Makan yang Tak Mau Ambil Untung Ini Tuai Pujian Foto: TikTok @mal.mamal
Jakarta -

Viral warung makan yang menawarkan seporsi makanan dengan harga murah. Itu karena pemilik warung makannya sengaja tak mau ambil untung banyak. Ternyata ini alasannya.

Seorang pengguna TikTok dengan akun @mal.mamal membagikan pengalamannya saat makan siang di warung makan. Dalam videonya terlihat bahwa warung makan tersebut sangat sederhana, hanya menempati sepetak rumah.

Areanya juga tidak luas, terdapat meja berukuran pendek dan karpet di sana. Jadi, pengunjung dipersilahkan makan sambil duduk lesehan. Lokasinya berada di Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di jalan Beruang Raya.

Baca Juga : Mantap! Chef Ini Bikin Warung Murah, Rp 10.000 Makan Sepuasnya

Kisah Pemilik Warung Makan yang Tak Mau Ambil Untung Ini Tuai PujianKisah Pemilik Warung Makan yang Tak Mau Ambil Untung Ini Tuai Pujian Foto: TikTok @mal.mamal

Lebih lanjut, pengguna TikTok itu juga menceritakan bahwa warung makan tersebut membanderol makanannya dengan harga yang kelewat murah. Seporsinya hanya sekitar Rp 5.000 dan itu sudah lengkap dengan lauknya.

"Ini salah satu warung makan langganan di kantor. Harganya gak masuk akal. Mudah banget, kalau aku makan dua orang cuma abis Rp 10 ribu doang. Udah pakai lauk ikan atau telur," tulisnya pada caption.

Kepada detikcom (24/05) Mamal selaku pemilik akun TikTok mengatakan bahwa pemilik warung bernama Solifah. Selama berjualan Solifah mengatakan kalau dirinya tidak ingin mengambil untung terlalu banyak.

Kisah Pemilik Warung Makan yang Tak Mau Ambil Untung Ini Tuai PujianKisah Pemilik Warung Makan yang Tak Mau Ambil Untung Ini Tuai Pujian Foto: TikTok @mal.mamal

Ia kerap menolak jika diberi uang lebih oleh pengunjung. Alasannya karena ia hanya ingin rumahnya menjadi ramai. Sebab, Solifah hanya tinggal bersama dua anaknya di rumah yang juga difungsikan sebagai warung makan.

Sementara suaminya telah meninggal dunia. Awalnya Solifah ikut berjualan bersama sang kakak. Kemudian, ketika suaminya meninggal dunia, ia sempat menjadi admin di sebuah perusahaan.

Namun sayangnya, perusahaan tersebut bangkrut. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk membuka warung sendiri di rumahnya. Menu yang ditawarkan pun beragam, mulai dari olahan ikan, telur, soto, gorengan hingga nasi rames.

"Harga makanannya murah-murah. Ramesan kalau gak salah Rp 2.000, soto pakai gorengan 1 sama es teh cuma Rp 4.500," ujar Mamal.

Kisah Pemilik Warung Makan yang Tak Mau Ambil Untung Ini Tuai PujianKisah Pemilik Warung Makan yang Tak Mau Ambil Untung Ini Tuai Pujian Foto: TikTok @mal.mamal

Bukan hanya itu, Mamal juga menceritakan bahwa pemilik warung sering menyajikan camilan di atas meja pengunjung. Namun, ketika pengunjung ini membayar camilan tersebut, pemilik warung justru menolaknya.

Video tersebut pun menjadi viral dan mendapat berbagai tanggapan dari netizen. Banyak netizen yang mengaku salut dengan pemilik warung makan tersebut.

"Jarang ya jaman sekarang jualan makanan tapi gak mau ngambil untung banyak. Sukses selalu bu," tulis netizen.

"Jadi inget orang tua, gak nyangka banget alasannya dia gak mau ambil untuk terlalu banyak supaya berkasih. Keren bu semoga sehat dan sukses selalu," tulis netizen lainnya.

@mal.mamal

Gapapa deh kalo ga fyp

♬ original sound - mickayla

Baca Juga : Viral! 5 Mie Ayam Murah Ini Dijual Mulai dari Rp 2 Ribu Saja



Simak Video "Cukup Bayar Rp 2.000, Bisa Makan Sepuasnya di Warung Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com