Cuanki Serayu Bandung, Perpaduan Bakso dan Batagor Khas Kota Kembang

Novia Aisyah - detikFood Kamis, 20 Mei 2021 16:00 WIB
Bakso Cuanki, a Sundanese street food dish of fried wonton dumplings and meatballs in hot beef broth. Foto: iStock
Jakarta -

Cuanki Serayu adalah salah satu cuanki paling hits sekaligus legendaris di Bandung. Penasaran seperti apa rasanya?

Cuanki adalah singkatan dari 'cari uang jalan kaki'. Cuanki ini adalah campuran antara bakso plus berbagai isiannya, lalu dilengkapi dengan batagor dan disajikan dalam satu mangkok. Nah, untuk yang baru akan mencoba jajanan khas kota Bandung ini, wajib untuk berkunjung ke Cuanki Serayu.

Cuanki Serayu sudah berdiri sejak tahun 1990-an dan namanya sendiri diambil dari lokasi resto cuanki tersebut berada, yakni Jalan Serayu. Di rumah makan Cuanki Serayu ini, kamu juga bisa menyantap dua menu berbeda, yaitu cuanki atau batagor.

Sebagai tempat makan dengan konsep street food, Cuanki Serayu punya suasana khas warung di mana ada meja dan bangku panjang untuk makan. Di Cuanki Serayu ini juga ada gerobak yang siap melayani pengunjung yang ingin membawa pulang cuanki yang dibelinya.

Kalau kamu datang kemari, bisa langsung memesan pada penjualnya karena pengunjungnya selalu ramai.

Nah, lalu apa yang membuat Cuanki Serayu ini berbeda dari bakso?

Biasanya, kuah bakso terbuat dari kaldu sapi ataupun kaldu ayam. Sedangkan di Cuanki Serayu ini, kamu akan menikmati kuah kaldu yang terbuat dari rebusan tulang ikan, jadi rasanya akan lebih khas.

Untuk yang tidak suka menikmati kuah tanpa bumbu, tenang saja, di Cuanki Serayu, tersedia saus sambal, cuka, kecap asin, dan kecap manis untuk menambah cita rasa kuahnya.

Dan sama seperti halnya bakso, seporsi cuanki juga dilengkapi dengan bawang goreng dan seledri agar tampilan cuanki semakin menarik dan tentunya cita rasa semakin gurih.

Seporsi cuanki dibandrol dengan harga sekitar Rp17.000-an. Tapi, kalau ingin makan lebih sedikit, kamu juga dapat memesan cuanki setengah porsi.

Cuanki Serayu di BandungCuanki Serayu di Bandung Foto: titry frilyani/d'Traveler

Jika ingin menyantap batagor, kamu juga tinggal membayar dengan harga yang sama. Batagor di sini punya rasa sedap karena saus kacang racikan khas Cuanki Serayu plus jeruk nipis enak dan juga gurih.

Untuk menikmati Cuanki Serayu, kamu bisa mampir ke Jalan Serayu No. 2 yang ada di Cihapit, Bandung. Cuanki Serayu buka pukul 11.00-19.00 dan khusus di hari Jum'at buka pukul 13.00-19.00.

Jika ingin datang ke Cuanki Serayu, siap-siap nambah ya, karena rasanya bikin nagih!

Batagor & Baso Cuanki

Jl. Serayu No. 2
Bandung
Telepon: 082115336111, 081221636600
Jam buka: 11:00-20:00

Jl. Bengawan No. 69
Bandung

Jl. Babakan Sari No. 93
Bandung



Simak Video "Bikin Laper: Unboxing Bakso Tumpeng di Kemang"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com