7 Cara Menyimpan Bawang Putih Cincang Agar Awet dan Praktis

Tim Detikfood - detikFood Rabu, 19 Mei 2021 08:00 WIB
tips bawang putih Foto: iStock
Jakarta -

Bawang putih cincang sering dipakai sebagai bumbu masakan. Agar lebih praktis ikuti 7 cara menyimpan bawang putih cincang ini.

Mengupas, mencincang, atau memotong bawang putih dalam sekali masak terkadang merepotkan. Apalagi jika jumlahnya berlebih. Harus memikirkan untuk menyimpannya.

Ada cara mudah untuk mengatasinya. Yaitu dengan mencincang banyak bawang putih sekaligus lalu membekukannya. Bawang putih cincang bisa disimpan dalam ukuran satu sendok teh.

Metode ini terbilang sangat mudah. Kamu bisa dengan mudah menentukan seberapa banyak porsi bawang putih yang ingin digunakan dalam sekali masak. Selain itu, ini bisa menghemat waktu dan biaya.

Bawang putih yang dibekukan ini jauh lebih murah dan hemat waktu. Cara menyimpan bawang putih ini sudah banyak dibagikan di media sosial.

Tambahkan sedikit minyak ke dalam bawang putih cincang agar bawang putih tidak sepenuhnya membeku. Sebaiknya tidak menyimpan bawang putih dengan minyak di lemari es atau pada suhu ruangan karena berisiko menghasilkan racun botulisme. Jadi, lebih baik bekukan bawang putih dalam freezer.

Dilansir laman The Yummy Life, berikut ini adalah tips dan cara menyimpan bawang putih cincang agar awet dan praktis.

Peeled garlic in bowl7 Cara Menyimpan Bawang Putih Cincang Agar Awet dan Praktis Foto: Istock


1. Bawang putih segar

Sebelum mencincang bawang putih, pastikan pilih bawang putih yang masih segar. Ada jenis bawang putih lokal, Honan dan Kating. Jenis Kating lebih harum tetapi sedikit lebih mahal.

Saat membeli pilih umbi bawang putih yang masih utuh, kulitnya kering dan tak ada bagian yang busuk. Dengan menggosok pakai telapak tangan saja kulit bawang mudah terlepas. Bisa juga membeli yang sudah dikupas.

2. Cara mengupas

Jika akan mengupas bawang putih ada beberapa cara. Cara pertama, gunakan stoples. Masukkan bawang putih yang belum dikupas ke dalamnya, kencangkan tutupnya, lalu kocok sampai kulitnya terlepas.

Atau gunakan tabung pengupas bawang putih. Masukkan beberapa siung ke dalam tabung dan tekan dengan telapak tangan saat menggulung tabung ke meja.

Bisa juga memakai mangkuk. Ambil dua mangkuk dan masukkan bawang putih ke dalamnya. Tutup dengan mangkuk yang satunya, kemudian goncangkan dengan kencang dan cepat.

3. Pilih minyak perendam

Setelah bawang terkupas dengan sempurna, langkah selanjutnya adalah pilih minyak. Minyak membuat bawang putih tidak membeku terlalu keras. Dengan begitu, bisa dengan mudah mengambilnya saat ingin digunakan.

Kamu bisa menggunakan minyak sayur, minyak biji anggur, kanola, atau minyak zaitun. Gunakan minyak dengan rasa netral agar tidak mengubah rasa bawang putihnya.

Ikuti 4 langkah menyimpan bawang putih cincang yang praktis. Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Acar Bawang yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com