Ini 5 Makna Bentuk dan Model Topi Chef

Riska Fitria - detikFood Selasa, 18 Mei 2021 06:00 WIB
Ini 5 Makna Bentuk dan Model Topi Chef Foto: iStock
Jakarta -

Seorang chef selalu menggunakan seragam khusus. Salah satunya sebuah topi yang identik dengan bentuknya yang memanjang ke atas dan berwarna putih. Ternyata ini maknanya.

Chef atau koki adalah seorang juru masak yang menyiapkan makanan untuk disantap. Chef yang profesional biasanya menggunakan seragam khusus. Mulai dari pakaian, celemek hingga topi chef.

Bukan hanya sekadar seragam, tetapi semua yang dikenakan oleh chef memiliki fungsi dan maknanya masing-masing. Seperti penggunaan topi chef misalnya yang memiliki banyak model.

Mulai dari bentuknya, ukurannya hingga warnanya. Nah, ciri-ciri tersebut ternyata memiliki makna yang menggambarkan kinerja seorang chef di dapur.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut makna bentuk topi chef:

1. Sejarah Topi Chef

Ini 5 Makna Bentuk dan Model Topi ChefIni 5 Makna Bentuk dan Model Topi Chef Foto: iStock

Ternyata topi chef memiliki sejarah yang panjang. Topi chef dipakai pertama kali di tanah Iran dan bangsa-bangsa di sekitarnya. Dilansir dari Izbio, diperkirakan mereka menggunakan topi chef sejak ribuan tahun lalu.

Sumber lain menyebutkan bahwa topi koki pertama kali diciptakan oleh Antoine Careme yang berasal dari Prancis. Topi chef disebut juga toque yang diambil dari bahasa Arab.

Soal bentuknya, topi chef sudah mengalami perkembangan sejak pertama kali dipakai hingga saat ini. Beberapa negara seperti Italia, Spanyol, Prancis dan Jerman mulai mengadopsi memakan topi chef pada awal abad ke-16.

Kemudian pada awal abad ke-19, penggunaan topi chef mengalami revolusi. Penggunaan topi harus dibedakan sesuai dengan spesialisasi seorang chef. Kini topi chef memiliki banyak model, mulai dari ukuran hingga warna-warnanya.

Baca Juga : Gemas! Chef Bayi Ini Pintar Masak di Dapur Temani Sang Ibu

2. Fungsi Topi Chef

Ini 5 Makna Bentuk dan Model Topi ChefIni 5 Makna Bentuk dan Model Topi Chef Foto: iStock

Sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini, fungsi topi chef masih sama. Fungsinya adalah untuk menghindari dan menjaga agar rambut tidak jatuh ke dalam makanan yang sedang dihidangkan.

Bukan hanya itu, topi chef juga berfungsi untuk menyerap panas dan keringat yang disebabkan karena hawa panas di dalam dapur. Topi chef kemudian menjadi mode dan tren di berbagai negara.

Kini, semua chef dari negara manapun pasti menggunakan topi khusus untuk menjaga kebersihan. Selain itu, bentuk dan model topi chef juga memiliki makna tersendiri.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com