Rayakan Hari Ibu di Belanda, Keluarga Ini Masak Sate Taichan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 18 Mei 2021 12:00 WIB
Rayakan Hari Ibu di Belanda, Keluarga Ini Masak Sate Taichan Foto: YouTube/Ibu RT di Belanda
Jakarta -

Masak makanan Indonesia di luar negeri tak kalah lezatnya. Seperti keluarga ini yang masak sate taichan lezat untuk merayakan hari ibu.

Banyak sekali orang Indonesia yang memilih untuk tinggal di luar negeri. Mulai dari alasan pendidikan, pekerjaan hingga pernikahan yang mengharuskan mereka tinggal jauh dari tanah air.

Masak masakan Indonesia bisa menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengingat dan melepas rindu dengan tanah air. Walaupun tak memasak makanan tersebut di daerah asalnya, tetapi banyak sekali toko-toko Asia yang menyediakan bahan makanan khas Asia termasuk Indonesia sehingga memasak makanan Indonesia sangat mungkin dilakukan.

Tak hanya itu, menyajikan makanan Indonesia untuk sebuah perayaan yang dilakukan bersama keluarga di luar negeri juga menjadi ajang memperkenalkan budaya kuliner lokal kepada orang lain. Seperti yang dilakukan oleh wanita asal Indonesia yang menyajikan sate taichan untuk keluarganya di Belanda.

Rayakan Hari Ibu di Belanda, Keluarga Ini Masak Sate TaichanRayakan Hari Ibu di Belanda, Keluarga Ini Masak Sate Taichan Foto: YouTube/Ibu RT di Belanda

Melalui unggahan video pada akun YouTube @Ibu RT di Belanda (11/5), Litaria berbagi pengalamannya memasak sate taichan untuk sajian perayaan hari ibu. Lita juga menceritakan bagaimana mertuanya yang merupakan warga negara Belanda pertama kali mencoba sate taichan.

"Kemarin kan hari ibu di Belanda, aku dan mertua masak-masak. Ada udang bakar, bakar-bakaran lain dan aku juga bikin sate taichan," kata Lita.

Lita juga mengatakan bahwa sate taichan yang dibuatnya cukup banyak, bahkan tersisa untuk makan di hari esoknya. Layaknya sate taichan di Indonesia, Lita tak lupa untuk melengkapi sate taichannya dengan sambal.

Baca juga: Jualan Sate Taichan di Australia, Wanita Ini Banjir Pesanan

"Rasanya enak sekali, opa dan oma juga suka kan ya? Ini saya pake daging bagian paha jadi tidak kering," kata Lita.

Bumbu yang digunakan Lita pun meniru dari eks MasterChef Indonesia yaitu William Gozali. Lita mengatakan ia cukup sering memasak makanan Indonesia di Belanda dengan resep-resep yang dibagikan oleh Willgoz.

Suaminya pun sangat lahap saat memakan sate taichan buatan Lita. Dilengkapi dengan beberapa potong kentang goreng, suami Lita, Ivo mengambil sate taichan dalam jumlah banyak.

"Kemarin omanya juga coba makan sate taichan dengan sambal buatan saya. Tapi hanya setitik saja sudah kepedasan dan tidak kuat," kata Lita.

Rayakan Hari Ibu di Belanda, Keluarga Ini Masak Sate TaichanRayakan Hari Ibu di Belanda, Keluarga Ini Masak Sate Taichan Foto: YouTube/Ibu RT di Belanda

Layaknya sedang makan di Indonesia, Lita menambahkan nasi putih hangat untuk menyantap sate taichan tersebut. Tak lupa, ciri khas makan langsung dengan tangan juga dilakukan oleh Lita.

"Mama masak satenya enak," kata Ivo yang tak brhenti makan sate taichan buatan Lita.

Lita tak berhenti menambahkan sambal ke atas satenya. Bahkan, setiap tusukannya ia siramkan kembali dengan sambal taichan.

Biarpun sudah sangat kepedasan, semangkuk sambal tetap dihabiskan oleh Lita dan Ivo. Lita juga mengungkapkan bahwa satenya kali ini menjadi sate yang paling enak dari sate-sate lainnya yang pernah ia buat.

"Ini sate yang paling enak yang pernah saya buat. Biasanya saya buat sate yang pake bumbu kacang. Mungkin juga karena biasanya pake bagian dada ayam dan ini paha ayam," kata Lita.

Lebih dari sepuluh tusuk sate taichan dihabiskan oleh Lita dan Ivo. Lita juga tak menyerah untuk benar-benar menghabiskan sisa sambal yang menempel pada dinding-dinding mangkuk sambal.

Baca juga: 5 Orang Indonesia yang Sukses Punya Warteg hingga Jualan Sate di Luar Negeri



Simak Video "Sate Taichan Sambal Terasi"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com