Cara Masak Ikan Patin Agar Bebas Bau Tanah, Ini Tipsnya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 17 Mei 2021 17:30 WIB
Resep Ikan Patin Kuah Kuning Foto: Dok. MasakMasakTransTV
Jakarta -

Mengolah ikan patin susah gampang karena sering tercium bau tanah. Kalau ingin bebas dari bau tanah, ikuti tips cara masak ikan patin berikut ini.

Ikan patin umum diolah menjadi masakan tradisional. Yang paling populer adalah olahan pindang patin khas Palembang. Selain itu, ikan patin juga bisa digoreng, dijadikan sup, hingga bumbu kuning.

Namun, mengolah ikan patin susah gampang karena terkadang masih tercium bau tanah. Mengutip akun Twitter @Excel_Dee (16/5), aroma bau tanah bisa menempel pada daging ikan dikarenakan pemberian pakan yang tidak baik.

Oleh karenanya ikan patin harus diberikan pakan sesuai jumlah dan waktunya. Disarankan ikan patin diberikan pakan sebanyak 3-5 kali dalam sehari.

Baca Juga: RM. Saung Apung : Buka Puasa Lesehan Makan Ikan Patin dan Genjer Oncom

Sehingga ikan patin tidak kelaparan dan membuatnya mengonsumsi alga ataupun bakteri. Karena alga bisa menghasilkan senyawa khusus geosmin dan methyl-isoborneol yang memiliki aroma menyengat dan menyebabkan daging ikan patin menjadi bau tanah atau lumpur.

Agar ikan patin terbebas dari bau tanah, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa tips yang diberikan oleh akun Twitter Excel Dee.

1. Rendam Larutan Susu dan Basil

Fresh raw pangasius fish isolated on white backgroundikan patin Foto: Getty Images/iStockphoto/Valerii Evlakhov

Bau tanah yang terdapat di ikan patin bisa dihilangkan menggunakan susu cair dan basil. Buatlah larutan susu dan air dengan perbandingan 1:1. Kemudian campur dengan basil kering secukupnya. Untuk 1 kilogram ikan patin bisa direndam selama kurang dari 15 menit.

2. Bersihkan Ikan Patin

Sebelum diolah, bersihkan ikan patin terlebih dahulu. Buang sirip, ekor, insang beserta isi perut dan sisiknya.

Walaupun terlihat seperti ikan yang tidak memiliki sisik, tapi ikan patin memiliki sisik. Untuk membuagnya kamu harus hati-hati agar kulitnnya tidak sobek. Gunakan pisau tumpul saat membersihkan sisiknya.

Selain itu, bagian isi dari tulang besar ikan patin juga harus dibersihkan. Gunakan tusuk gigi atau tusuk sate agar bisa menyentuh ke dalam tulang. Lalu bersihkan di bawah air mengalir. Tiriskan hingga tak ada sisa darahnya.

3. Olesi Garam dan Jeruk Nipis

Resep Ikan Patin Kuah Kuningikan patin Foto: Dok. MasakMasakTransTV

Setelah ikan patin bersih, potong-potong sesuai selera. Kemudian taburi garam dan kucuri air jeruk nipis. Marinasi ikan patin selama 30 menit agar terbebas dari bau tanah atau lumpur. Goreng atau olah menjadi pindang patin sesuai selera.

Baca Juga: Masak Masak : Ikan Patin Kuah Kuning yang Pedas Segar



Simak Video "Dagingnya Lebih Gurih, Ikan Patin ini Dibudidaya Secara Organik, Sukoharjo"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com