Anak Ini 'Dipaksa' Makan Pizza Seminggu Penuh, Orang Tuanya Ingin Ajarkan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 15 Mei 2021 13:00 WIB
Anak Ini ‘Dipaksa’ Makan Pizza Seminggu Penuh, Orang Tuanya Ingin Ajarkan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/HearttoHeart0225
Jakarta -

Seorang anak di Malaysia 'dipaksa' makan pizza selama seminggu penuh. Bukan karena kejam, hal ini dilakukan orang tuanya demi mengajarkan kebaikan untuk sang anak.

Ada banyak cara orang tua dalam mendidik anak. Salah satunya dengan menerapkan peraturan yang mungkin membuat sang anak merasa kesal di awal, namun tujuannya adalah kebaikan.

Dikutip dari World of Buzz (13/5), ibu di Malaysia bernama Ah Lee mengunggah cerita di Facebook soal kebiasaan makan anaknya yang berusia 9 tahun. Ia mengatakan anaknya sering membuang-buang makanan.

"Beberapa minggu lalu, ia kedapatan diam-diam ingin membuang makanan ke tempat sampah. Ayahnya bertanya, 'Kamu tidak suka makan ini, jadi apa makanan yang kamu suka?'," tulis sang ibu. Anaknya kemudian menjawab ia suka pizza.

Anak Ini 'Dipaksa' Makan Pizza Seminggu Penuh, Orang Tuanya Ingin Ajarkan IniAnak Ini 'Dipaksa' Makan Pizza Seminggu Penuh, Orang Tuanya Ingin Ajarkan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/HearttoHeart0225

Baca Juga: 5 Aturan Hukum Makanan Teraneh, Makan Fried Chicken hingga Porsi Popcorn

Sejak saat itu, ayahnya hanya menyajikan pizza selama seminggu penuh. Pizza itu bahkan dimakan 3 kali sehari oleh sang anak. Meski hal ini terdengar kejam, tapi ayahnya mengatakan, "Jangan khawatir, anak kami tidak akan meninggal karena kelaparan atau kekurangan nutrisi."

Sang anak bahkan terus membuang nasinya untuk memilih makan snack dan menenggak minuman soda demi merasa kenyang. Hal ini memang buruk untuk kesehatan sang anak, namun orang tuanya membiarkan ia melakukannya dulu.

Di hari keempat 'tantangan' makan pizza, anaknya mulai muak dengan pizza. Ia bahkan bilang merasa ingin muntah setiap kali hendak makan pizza.

Namun ia diminta tetap makan pizza saja hingga hari ketujuh. Menurut Ah Lee, anaknya akhirnya belajar soal tidak menyia-nyiakan makanan dan tidak membuang makanan begitu saja.

"Jadi sekarang ketika dia tidak senang dengan makanan yang disajikan, saya tanya, 'Apakah kamu mau pizza?'" kata Ah Lee. 'Hukuman' makan pizza ini rupanya efektif untuk membuat anaknya kapok membuang makanan.

Anak Ini 'Dipaksa' Makan Pizza Seminggu Penuh, Orang Tuanya Ingin Ajarkan IniAnak Ini 'Dipaksa' Makan Pizza Seminggu Penuh, Orang Tuanya Ingin Ajarkan Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/HearttoHeart0225

Baca Juga: Miris! Orang Tua Ini Paksa Anaknya Makan dengan Tindak Kekerasan

Unggahan Ah Lee viral di Facebook dan sudah dibagikan lebih dari 2.600 kali. Ah Lee dan suaminya juga mengatakan kalau mereka tidak ikut mendampingi anaknya makan pizza seminggu penuh.

"Seminggu sudah cukup (hukuman makan pizza). Anda harus mengerti, ini bahkan mencakup makan pizza saat sarapan. Anda harus punya perut yang kuat," kata Ah Lee.

Ia juga mengingatkan para orang tua yang ingin menerapkan cara ini pada anaknya. "Anak saya memiliki fisik yang bugar jadi dia bisa menjalani 'hukuman' makan pizza ini. Anda harus waspada dan bertanya pada diri sendiri dulu, saya khawatir anak Anda malah diare ketika melakukannya," tutup Ah Lee.

Baca Juga: Kejam! Orang Tua Paksa Anaknya Makan Banyak Demi Konten Video Online

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com