Ini 5 Kreasi Lezat dari Makanan Sisa Lebaran yang Mudah Dibuat

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 14 Mei 2021 12:00 WIB
makanan lebaran Foto: Getty Images/iStockphoto/MielPhotos2008
Jakarta -

Tak jarang makanan khas Lebaran banyak tersisa setelah perayaan usai. Kalau sudah bosan, kamu bisa mengkreasikannya menjadi makanan lezat. Bisa jadi apa saja?

Menyajikan ketupat dan aneka lauk pendampingnya sudah menjadi tradisi Lebaran di Indonesia. Setiap rumah pasti memiliki hidangan ketupat Lebaran favorit keluarga.

Biasanya hidangan khas Lebaran ini dimasak dengan porsi yang besar. Oleh karenanya sering tersisa setelah bosan menyantapnya.

Kalau sudah bosan dengan ketupat Lebaran biasa, kamu bisa mengolahnya menjadi kreasi makanan lezat. Bisa menjadi bubur, ayam bakar, hingga perkedel.

Berikut 5 kreasi lezat dari makanan sisa lebaran.

1. Bubur Ayam

kreasi makanan sisa lebaran yang lezat dan mudah dibuatkreasi makanan sisa lebaran yang lezat dan mudah dibuat Foto: iStock

Bubur terbuat dari beras yang dimasak dengan air banyak sehingga teksturnya agak encer dan lembut. Kalau punya sisa ketupat di rumah, kamu bisa menjadikannya bubur karena bahan bakunya sama-sama terbuat dari beras.

Caranya dengan menghaluskan ketupat menggunakan ulekan atau diblender. Setelah itu masak dengan tambahan air yang cukup banyak. Tambahkan juga bumbu sederhana seperti garam, kaldu bubuk, dan merica.

Sajikan bubur dari sisa ketupat ini dengan lauk pelengkap. Kamu bisa menambahkan ayam suwir dari sisa opor atau daging suwir sisa rendang.

2. Ayam Goreng

kreasi makanan sisa lebaran yang lezat dan mudah dibuatkreasi makanan sisa lebaran yang lezat dan mudah dibuat Foto: iStock

Opor ayam salah satu hidangan wajib sebagai lauk pelengkap ketupat Lebaran. Biasanya diolah dengan bumbu putih atau kuning. Kalau sudah bosan menikmati opor ayam, hidangan ini bisa kamu jadikan ayam goreng lho.

Caranya tinggal goreng di dalam minyak panas. Rasanya tak kalah enak dari ayam goreng biasanya. Bahkan terdapat aroma dan rasa yang lebih gurih karena menggunakan santan kelapa.

Ayam goreng dari opor ini bisa dinikmati dengan nasi panas. Tambahkan sambal dan lalapan agar makin nikmat.

Baca Juga: Resep Opor Ayam Lebaran yang Enak dan Mudah Dibuat, Begini Caranya!

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Potret Warga Semarang Halal Bihalal dengan Prokes"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com