Aksi Pramugari Kereta Bantu Makan Penumpang Tunanetra, Ini Kisahnya

Riska Fitria - detikFood Selasa, 11 Mei 2021 17:30 WIB
Aksi Pramugari Kereta Bantu Makan Penumpang Tunanetra, Ini Kisahnya Foto: TikTok @nadiaparizzz
Jakarta -

Seorang pramugari kereta api sukses membuat netizen terharu berkat aksinya membantu makan penumpang tunanetra. Ini kisah lengkapnya.

Bekerja di bidang pelayanan, khususnya bagian transportasi memang dituntut harus sigap membantu penumpang. Terlebih jika penumpang tersebut merupakan penyandang disabilitas yang sangat membutuhkan bantuan.

Seperti yang belakangan ini viral di TikTok, seorang pramugari kereta api dengan ketulusan hatinya dan penuh rasa sabar membantu penumpang pria yang tunanetra saat makan di kereta makan.

Baca Juga : Kena PHK, Pramugari Cantik Ini Tak Gengsi Jualan Alpukat

Aksi Pramugari Kereta Bantu Makan Penumpang Tunanetra, Ini KisahnyaAksi Pramugari Kereta Bantu Makan Penumpang Tunanetra, Ini Kisahnya Foto: TikTok @nadiaparizzz

Videonya viral usai dibagikan di akun TikTok @nadiaparizzz (08/05). Pramugari kereta api tersebut bernama Nadhia Panca Rizky. Nadhia telah bergabung di PT Kereta Api Indonesia bagian KAI Services sejak 2018 lalu sampai Februari 2021 kemarin.

"Bekerjalah dengan hati. Seorang penumpang ku adalah penyandang disabilitas, dia mengalami tunanetra. Kebetulan beliau sendiri dan tidak ada keluarganya yang menemani beliau," tulisnya pada caption di video.

Kepada detikcom (10/05) Nadhia mengatakan bahwa kejadian itu terjadi pada bulan Februari 2021 lalu saat dirinya masih bekerja sebagai kru kereta api. Namun, video tersebut baru ia unggah baru-baru ini dan tak menyangka menjadi viral.

Aksi Pramugari Kereta Bantu Makan Penumpang Tunanetra, Ini KisahnyaAksi Pramugari Kereta Bantu Makan Penumpang Tunanetra, Ini Kisahnya Foto: TikTok @nadiaparizzz

"Kejadiannnya itu di kereta Jayakarta relasi Stasiun PasarSenen (Jakarta) - StasiunGubeng (Surabaya)," ujarNadhia saat dihubungidetikcom.

Berawal dari seorang penumpang penyandang disabilitas tersebut meminta pertolongan penumpang lainnya untuk memindahkan kursi ke barisan dekat toilet untuk memudahkan aksesnya.

Barulah Nadhia menyadari kalau penumpang tersebut adalah seorang tunanetra. Kemudian penumpang itu kembali meminta pertolongan pada kru kereta api untuk mengantarkan ke kereta makan.

Aksi Pramugari Kereta Bantu Makan Penumpang Tunanetra, Ini KisahnyaAksi Pramugari Kereta Bantu Makan Penumpang Tunanetra, Ini Kisahnya Foto: TikTok @nadiaparizzz

"Di sana saya yang melayani beliau. Kebetulan menu yang tersedia ada nasi goreng bakso dan nasi daging krengseng. Beliu memesan nasi daging krengseng," tutur Nadhia.

"Saya menawarkan minum, tapi beliau menolak katanya 'makan aja mbak', uang saya tidak cukup untuk beli minum," sambung Nadhia.

Mendengar itu, Nadhia merasa terketuk hatinya. Nadhia pun memberikan kru meal jatahnya makan untuk penumpang tersebut. Nadhia mengatakan bahwa dirinya sebagai kru kereta api hanya bisa membantu hal sederhana.

"Saya memudahkan beliau makan, membuka tutup minuman, membuka sendoknya, meletakkan sendok ke tangan beliau sampai mengantarkan beliau ke kursinya lagi. Beliau sampai berterima kasih berkali-kali," ujar Nadhia.

@nadiaparizzz

sudahkah kalian bersyukur hari ini ? 😇 ##pramugariindonesia ##trainattendant ##pramugarikeretaapi ##fyp ##foryou ##masukberanda

♬ original sound - Nadya Mahdi

Nadhia sendiri mengaku tak menyangka jika videonya viral dan mendapat tanggapan positif dari netizen. Nadhia berharap dengan videonya tersebut dapat menjadi motivasi orang lain untuk bekerja dengan hati.

"walaupun video viral sekarang dan posisi saya sudah tidak bekerja, Walaupun udah ga jadi pramugari kereta, semoga aku bisa ninggalin jejak yang baik di perkeretaapian," tutup Nadhia.

Baca Juga : Viral Pramugara Bantu dan Suapi Penumpang Lansia, Ini Sosoknya



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Seafood di Resto Langganan Artis"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com