Gegara Tren TikTok, Barista Starbucks Pusing Layani Pesanan Kopi Super Detail

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 07 Mei 2021 07:00 WIB
starbucks Foto: Getty Images
Jakarta -

Di TikTok tengah tren memesan kopi Starbucks dengan berbagai permintaan penyesuaian. Hal ini rupanya bikin barista pusing lantaran ada pengunjung yang minta pesanan kopinya terlalu detail. Ini buktinya.

Seorang barista Starbucks di California, Amerika Serikat bernama Josie dibuat pusing dengan pesanan pelanggannya. Sebab pelanggan tersebut meminta 13 modifikasi dari segi es, topping, hingga cara memproses minuman kopi.

Saking pusingnya dengan permintaan ini, Josie bilang sampai-sampai ingin berhenti jadi barista. Curahan hatinya di media sosial ini viral hingga mendapat banyak balasan dari barista lain.

Mereka rupanya alami 'masalah' serupa semenjak tren di TikTok dimana pengunjung Starbucks bisa minta racikan kopinya disesuaikan dengan selera mereka. Tak jarang, penyesuaian itu jumlahnya sangat banyak dan prosesnya rumit.

Gegara Tren TikTok, Barista Starbucks Pusing Layani Pesanan Kopi Super DetailGegara Tren TikTok, Barista Starbucks Pusing Layani Pesanan Kopi Super Detail Foto: Daily Mail

Pesanan pelanggan Josie misalnya, datang dari pelanggan bernama Edward. Ia memesan minuman Venti Caramel Ribbon Crunch Frappuccino.

Tambahan yang bikin pusing adalah ekstra drizzle karamel, 7 pompa saus karamel, ekstra es, ekstra topping cinnamon dolce, 1 pompa campuran madu, 7 frappuccino chips, sampai heavy cream. Setelah itu, ia minta minumannya 'double blended'.

Baca Juga: Kocaknya Pengalaman Mahasiswa Padang Saat Pertama Kali Jajan Starbucks

Menurut Josie, minuman ini bukan hanya sulit dibuat, melainkan juga memakan waktu. Hal ini bisa berujung pada antrean pelanggan lain yang menumpuk.

Barista lain lantas memenuhi unggahan Josie dengan curhatan serupa. Bahkan ada yang mendapat pesanan Green Tea Creme Frappuccino dengan tambahan 29 topping setiap minggunya.

Terlihat pelanggan meminta tambahan pisang, shot affogato, cocoa powder, saus karamel, sirup klasik, sirup toffee nut, pumpkin sauce, sampai ekstra bubuk vanilla dan kayu manis. Saking banyaknya penambahan topping pada minuman green tea ini, stiker pesanannya sampai super panjang, memenuhi satu sisi gelas.

Gegara Tren TikTok, Barista Starbucks Pusing Layani Pesanan Kopi Super DetailGegara Tren TikTok, Barista Starbucks Pusing Layani Pesanan Kopi Super Detail Foto: Daily Mail

Pesanan Starbucks rumit lainnya juga terlihat pada menu Caffee Misto, Cherry Mocha Frappuccino, dan Mango Dragonfruit Lemonade. Semuanya dilengkapi instruksi penambahan bahan dan topping super banyak.

Baca Juga: 7 Aturan Aneh untuk Barista Starbucks, dari Warna Rambut hingga Pakaian

Seorang pelanggan Starbucks kemudian ikut berkomentar. Ia pernah menyaksikan sendiri bagaimana detailnya permintaan pengunjung.

"Saya pernah antre berdiri di belakang seorang perempuan. Ia meminta minumannya dipanaskan tepat pada suhu 37, bukan 36 atau 38. Ia bilang bakal tahu kalau minumannya tidak dipanaskan dengan suhu 37," cerita pelanggan itu.

Gegara Tren TikTok, Barista Starbucks Pusing Layani Pesanan Kopi Super DetailGegara Tren TikTok, Barista Starbucks Pusing Layani Pesanan Kopi Super Detail Foto: Daily Mail

Banyak netizen kemudian 'menyalahkan' tren TikTok sebagai penyebab populernya minuman Starbucks yang dipersonalisasi. Terlebih banyak selebgram dan barista Starbucks yang populer di TikTok membagikan resep-resep minuman unik ala mereka.

"Saya mungkin akan diteriaki karena mengatakan ini tapi saya pikir ini sangat egois untuk memesan minuman yang sangat bila di Starbucks. Dan ini semakin populer terutama karena TikTok. Saya tidak peduli walaupun Anda membayarnya, tapi tindakan ini tetap egois," komentar seorang jurnalis, Yashar Ali.

Baca Juga: Gelar Resepsi Mewah, Pasangan Ini Sajikan Starbucks hingga Live Kitchen Pizza

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com