Keren! Wanita Ini 'Sulap' Kolak Rp8 Ribu Jadi Kue Mewah Rp800 Ribu!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Mei 2021 17:00 WIB
Keren! Wanita Ini ‘Sulap’ Kolak Rp8 Ribu Jadi Kue Mewah Rp800 Ribu! Foto: TikTok florenciagladys/Instagram le.goutpatisserie
Jakarta -

Kolak identik sebagai takjil murah meriah, namun di tangan wanita ini, kolak 'disulap' jadi kue mewah nan istimewa. Harganya Rp800 ribu dengan tampilan dan rasa istimewa. Begini ceritanya!

Saat bulan puasa, tak sulit menemukan kolak. Takjil ini dijumpai di rumah-rumah, restoran, hingga hotel mewah sekalipun. Dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti pisang, ubi, kolang-kaling, dan kuah santan, harga kolak tidak mahal.

Di penjual takjil kaki lima, kolak bahkan bisa dibeli sekitar Rp5 ribu saja. Ada juga yang menawarkan kolak seharga Rp8 ribu.

Wanita bernama Florencia Gladys, lewat TikTok-nya tertantang untuk menunjukkan transformasi kolak jadi kue mahal. Ia sendiri adalah seorang pattisier (pembuat kue) di balik bisnis kuliner, Le Gout Patisserie.

Baca Juga: Bikin Kolak Pisang Favorit Keluarga Buat Buka Puasa, Ini Resepnya

Kreasi kolak yang enak dan unik

Keren! Wanita Ini 'Sulap' Kolak Rp8 Ribu Jadi Kue Mewah Rp800 Ribu!Keren! Wanita Ini 'Sulap' Kolak Rp8 Ribu Jadi Kue Mewah Rp800 Ribu! Foto: TikTok florenciagladys/Instagram le.goutpatisserie

Dihubungi detikfood (5/5), Florencia mengatakan inspirasi kue kolak datang dari kebiasaan orang-orang berburu kolak setiap hari selama bulan puasa. "Cuma kadang suka bosan gitu, kok gini-gini aja. Jadi kayak terinspirasi apa nih ya yang aneh, unik, tapi tetap enak," ujarnya.

Karena ia adalah seorang pattisier, Florencia membuat kolak jadi kue dengan tetap memakai kolak itu sendiri. Ia menggunakan kolak pisang dan ubi seharga Rp 8 ribu sebagai bahan utama kue.

Dalam video TikTok, terlihat pembuatannya diawali dengan memisahkan kuah kolak dengan isiannya. Kemudian Florencia membuat mousse dengan mencampurkan kuah kolak bersama kuning telur dan gula pasir.

"Setelah itu aku mau masukin gelatine supaya nanti kuenya bisa set. Lalu kita saring dan kita campur ke dalam whipping cream," lanjutnya. Selanjutnya ia memasukkan adonan kue ke cetakan bersama cremeux (sejenis puding) pisang dan ubi yang sudah dibuat sebelumnya.

Tak ketinggalan, Florencia juga menggunakan potongan pisang dan ubi dari kolak tadi. "Terus aku kasih bolu deh. Dibekuin, kalau sudah beku, langsung aja kita semprot pakai cocoa butter dan cokelat," tuturnya.

Ia menyesuaikan warna kue kolak dengan warna kolak asli sehingga hasilnya didominasi warna cokelat. Hiasannya edible flowers berwarna senada yang semakin mempercantik kue.

"Habis itu aku potong dan cobain, dan rasanya enak, beneran kayak kolak sih cuma versi mewah aja," tutupnya sambil memperlihatkan potongan kue kolak.

Baca Juga: Cantik Banget! 10 Kue Jelly Ini Dibuat dengan Tampilan Pulau yang Indah

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com