30 Resep Kue Lebaran

Kue Kering Murah Mulai Ramai Diburu di Pasar Mayestik Jelang Lebaran

Sonia Basoni - detikFood Senin, 03 Mei 2021 10:30 WIB
Adu Rasa 3 Kue Nastar Curah di Pasar Mayestik, Mana yang Enak? Foto: detikFood
FOKUS BERITA Menu Lebaran Spesial
Jakarta -

Memasuki penghujung bulan ramadhan, banyak orang menyerbu Pasar Mayestik di Jakarta Selatan. Pasar ini terkenal jadi tempat belanja kue kering murah yang enak.

Belanja ke pasar tradisional, masih menjadi tradisi jelang ramadhan yang digemari masyarakat Indonesia. Meski sudah banyak pusat perbelanjaan modern, sampai toko online yang canggih. Tapi beberapa lebih suka belanja langsung keliling pasar tradisional.

Baca Juga: Toko Anggrek, Surga 'Snack' yang Lengkap di Pasar Mayestik

Seperti suasana meriah jelang Lebaran di Pasar Mayestik, yang ada di wilayah Kebayoran, Jakarta Selatan. Konsep pasar ini sudah mengusung pasar modern terpadu, jadi protokol kesehatan dan kebersihannya dijamin aman.

Kue Kering Murah Mulai Ramai Diburu di Pasar Mayestik Jelang LebaranKue Kering Murah Mulai Ramai Diburu di Pasar Mayestik Jelang Lebaran Foto: detikFood

Pengunjung tak perlu repot-repot berbecek-becekan, atau panas-panasan. Semua penjual bahan makanan, daging, ikan, sampai aneka kue kering tersedia di sini dengan ruangan yang berbeda.

Selain belanja bahan makanan segar. Banyak orang yang mampir ke Pasar Mayestik untuk berburu kue kering murah. Masuk ke bagian lantai basement, dan lantai satu, pengunjung akan disambut dengan puluhan toko yang menjual cemilan, permen, dan kue kering.

Jenisnya juga beragam, bisa menyesuaikan budget di kantong. Bisa beli secara kiloan atau eceran per 100 gram.

"Kalau di sini memang dari dulu ramainya jelang Lebaran. Orang-orang itu baru belanja cari kue kering sekitar H-7 sebelum Lebaran, penuh itu. Tapi sekarang juga sudah banyak yang beli cemilan dan kue buat stok Lebaran," jelas Pak Iyas Usman ke detikFood (30/04), pemilik toko kue dan snack P&D Melati.

Kue Kering Murah Mulai Ramai Diburu di Pasar Mayestik Jelang LebaranKue Kering Murah Mulai Ramai Diburu di Pasar Mayestik Jelang Lebaran Foto: detikFood

Di tokonya, Pak Iyas memiliki dua blok besar yang menjual aneka snack dan kue kering khas Lebaran.

"Paling laku itu ada nastar, kastengel, putri salju, sama kue cokelat. Kalo snacknya, orang-orang suka keripik bawang, kacang-kacangan, stik gabus sampai keripik singkong pedas," jelas Pak Iyas yang sudah berjualan meneruskan toko orangtuanya, sejak tahun 1970-an di Pasar Mayestik.

Di sini pembeli bisa mencicipi aneka kue atau cemilan sebelum dibeli. Kisaran harganya cukup terjangkau, modal Rp 20.000 sudah bisa beli keripik atau stik gabus seberat 250 gram.

Kue Kering Murah Mulai Ramai Diburu di Pasar Mayestik Jelang LebaranKue Kering Murah Mulai Ramai Diburu di Pasar Mayestik Jelang Lebaran Foto: detikFood

Untuk kue keringnya, lebih mahal karena kualitasnya terjamin. Siapkan budget sekitar Rp 50.000 untuk membeli satu toples nastar tiga tingkat, atau kastengel dan putri salju.

"Untuk kue curah, kita jual malah nastar premium. Nastar premium 1 kg nya sekitar Rp 190.000, bisa beli 500 gram atau 250 gram," jelas Pak Iyas.

Semua kue dan snack dikirim setiap hari dari pengrajin kue yang ada di seluruh Indonesia.

"Semuanya dikirim dari kota-kota di Indonesia. Kita juga jual aneka permen, cokelat, jelly sampai agar-agar untuk snack anak-anak di Hari Raya Lebaran," lanjutnya sambil tersenyum ramah.

Selain Pak Iyas, ada banyak toko kue kering lainnya dengan kisaran harga yang hampir mirip. Kebanyakan toko kue ini sudah mematok harga pakem, jadi kalaupun berhasil ditawar paling tak jauh dari harga asli.

Adu Rasa 3 Kue Nastar Curah di Pasar Mayestik, Mana yang Enak?Kue Kering di Mayestik Foto: detikFood

Berbelanja kue kering dan snack di Pasar Mayestik jelang Lebaran, pengunjung bisa lebih nyaman memilih kue dan mencicipinya. Sebelum menentukan pilihan. Bahkan bisa membawa stoples sendiri.

Kedua, jika sudah langganan para pemilik toko dengan senang hati memberikan diskon spesial untuk pelanggan setia. Apalagi jika membeli dalam jumlah banyak.

Terakhir kualitas dan rasa kue kering yang ditawarkan tidak murahan, meski harganya cukup terjangkau dibandingkan beli di bakery atau toko kue ternama.

Kue Kering Murah Mulai Ramai Diburu di Pasar Mayestik Jelang LebaranKue Kering Murah Mulai Ramai Diburu di Pasar Mayestik Jelang Lebaran Foto: detikFood

Hampir semua toko kue kering di Pasar Mayestik ini masih membuka gerai mereka hingga H-1 Lebaran. Bagi yang mau berburu kue kering di sini, sebaiknya datang lebih pagi dan hindari akhir pekan agar tidak terlalu ramai.

Siapkan juga uang tunai atau uang pas, serta kantong belanja. Karena beberapa toko hanya menerima pembayaran tunai saja.

Baca Juga: Murah! Ini 5 Toko Kue Kering Super Lengkap di Pasar Jakarta



Simak Video "Begini Jadinya Kalau Petai Diolah Jadi Kue Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Menu Lebaran Spesial

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com