Demi Berhemat, Pria ini Saring Kopi dengan Kaus Kaki Bekas!

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 27 Apr 2021 04:00 WIB
Demi Berhemat, Pria ini Saring Kopi dengan Kaus Kaki Bekas! Foto: TLC
Jakarta -

Banyak cara dilakukan untuk menekan pengeluaran sebanyak mungkin. Pria asal Amerika ini, misalnya, gunakan kaus kaki bekas untuk menyaring kopi demi berhemat.

Berhemat memang penting untuk dilakukan semua orang. Banyak sekali cara-cara berhemat yang bisa dilakukan agar menekan pengeluaran seefektif mungkin.

Menyesuaikan pendapatan dan pengeluaran memang penting dilakukan agar biaya hidup yang dikeluarkan tidak membengkak. Bahkan beberapa orang di dunia bisa saja melakukan hal-hal aneh demi berhemat.

Seperti yang dilakukan seorang pria asal Tennessee, Amerika Serikat yang berhemat besar-besaran selama hidupnya. Ia juga tak segan untuk melakukan hal-hal aneh yang tak wajar demi berhemat.

Demi Berhemat, Pria ini Saring Kopi dengan Kaus Kaki Bekas!Demi Berhemat, Pria ini Saring Kopi dengan Kaus Kaki Bekas! Foto: TLC

Dilansir melalui Daily Star (25/4), Michael McSurley yang melakukan hal berbeda untuk dapat menghemat hingga lebih dari Rp14 juta per bulannya. McSurley bahkan menyaring kopinya dengan kaus kaki bekas, menampung air hujan untuk keperluan sehari-hari, hingga menggunakan gelas kertas secara berulang-ulang demi menghemat pengeluaran bulanannya.

Baca juga: Belanja Hemat, Ibu Ini Bisa Menabung hingga Rp 40 Juta Setahun

McSurley mengaku bahwa setiap bulannya ia bahkan tidak memiliki tagihan air karena kebiasaannya untuk menampung air hujan dan menggunakannya untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari memasak, mencuci hingga makan dan minum semuanya menggunakan air hujan.

Tak hanya air, ia bahkan seringkali menciptakan hal-hal yang tak pernah terpikirkan untuk membantu keberhasilan berhematnya. Ia tak segan untuk menggunakan kaus kaki bekas yang dijadikan sebagai penyaring untuk menyeduh kopinya sehingga ia tak perlu membeli alat penyaring kopi.

"Aku memiliki penemuan kecil yang aku buat untuk berhemat saat minum kopi karena aku selalu menikmati kopi di pagi hari. Aku membuat sebuah alat untuk kopiku yang terbuat dari kaus kaki bekas, sebuah cangkir dan pengikat," kata McSurley.

Demi Berhemat, Pria ini Saring Kopi dengan Kaus Kaki Bekas!Demi Berhemat, Pria ini Saring Kopi dengan Kaus Kaki Bekas! Foto: TLC

McSurley akan memasukkan kopi bubuk ke dalam kaus kaki tersebut, menuangkannya dengan air panas dan meletakkannya ke dalam sebuah cangkir kertas yang telah ia lapisi selotip agar tak bocor. Kemudian, ia akan menyeduh kaus kaki berisi kopi tersebut dan langsung meminum kopinya.

"Kemudian aku akan menuangkan kopi bubuk ke dalam kaus kaki dan menyeduhnya, kaus kaki tersebut menjadi penyaring untuk aku menyajikan kopi. Aku dapat berhemat banyak setiap minggunya," kata McSurley.

Kebiasaan McSurley yang sangat berhemat ini bahkan ditanggapi oleh sang ibu. Ibunya juga mengatakan bahwa McSurley menjadi orang yang terlalu berhemat.

"Dia orang yang paling hemat yang pernah aku tahu. Aku sangat mencintainya, tetapi dia sangat hemat," kata ibu McSurley.

"Ya aku juga setuju dengan itu," sambung ayah McSurley.

Kebiasaan berhemat yang dilakukan McSurley memang terlalu ekstrem. Bahkan dengan menerapkan kebiasaan berhemat versi McSurley ini, ia mengaku dapat mengurangi pengeluaran hingga lebih dari Rp14 juta per bulannya.

Baca juga: Trik Hemat Pria yang Hidup 36 Tahun Hanya Mengandalkan Voucher



Simak Video "Unik! Menyeruput Kopi Rasa Nasi Kuning"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com