Wajib Beli! 4 Menu Takjil Enak di Pasar Ramadhan Jalan Surabaya Malang

Luthfi Baihaqy - detikFood Senin, 26 Apr 2021 15:30 WIB
Semarak Ramadhan di Pasar Takjil Jalan Surabaya, Malang, Jawa Timur Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy
Jakarta -

Pasar ramadhan di jalan Surabaya kota Malang ini punya banyak kuliner enak. Ada es doger, pempek hingga cilok Korea yang gurih pedas.

Ngabuburit sambil mencari jajanan buka puasa disukai banyak orang. Karena memang sangat mengasyikan, apalagi sambil jalan-jalan menikmati udara sore hari yang menyejukkan.

Di Malang terdapat banyak tempat kuliner untuk mencari takjil yang dapat dikunjungi. Salah satunya pasar ramadhan yang terletak di sepanjang Jalan Surabaya, Malang. Tepatnya di area depan gerbang Universitas Negeri Malang.

Di sana berjajar penjual makanan menjajakan menu untuk berbuka puasa. Mulai dari jajanan pasar, aneka es, nasi berikut lauk, gorengan, kue, camilan, dan jajanan lainnya.

Kamu dapat berjalan-jalan mengelilingi stand penjual makanan sambil menikmati udara sore Malang yang sejuk. Sembari menanti terbenamnya matahari dengan hiruk pikuk kendaraan yang lalu lalang melintasi jalan.

Pasar ramadhan di Jalan Surabaya ini sudah lama ada dan selalu ramai setiap tahunnya. Penjual di sini berasal dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, pedagang keliling, penjual kue di pasar, hingga masyarakat sekitar.

Saat tim detikcom mampir ke pasar ramadhan (16/04) pada pukul 4 sore. Pengunjung mulai ramai mendatangi tempat ini. Puncak keramaian pada pukul 5 karena semakin menjelang waktu untuk berbuka puasa.

Berbagai kalangan mendatangi tempat ini untuk berburu kuliner sebagai santapan menu berbuka puasa. Mulai dari anak muda, dewasa, hingga rombongan keluarga.

Tampak pula petugas keamanan yang berkeliling untuk mengingatkan pengunjung agar tetap menerapkan protokol kesehatan. Meskipun ramai tetapi tetap nyaman jalan-jalan di pasar ini.

Berikut ini makanan dan minuman di pasar ramadhan Jalan Surabaya yang bisa jadi pilihan untuk menu berbuka puasa.

1. Es Doger Bandung

Semarak Ramadhan di Pasar Takjil Jalan Surabaya, Malang, Jawa TimurSemarak Ramadhan di Pasar Takjil Jalan Surabaya, Malang, Jawa Timur Foto: detikFood / Luthfi Baihaqy

Es doger merupakan salah satu minuman yang banyak diburu dan dijumpai pada pasar takjil. Di pasar ramadhan Jalan Surabaya ada es doger Bandung milik Ishana dan Erni.

Disajikan dalam satu cup plastik berisi biji mutiara, tape singkong, ketan hitam, dan roti. Es doger disiram dengan sirup cocopandan dan serutan es santan.

Menurut Ishana es santan miliknya memiliki tekstur lebih lembut karena dibuat dengan cara membekukan santan. Jika biasanya es santan diserut dan dibuat dengan campuran pewarna merah rose, namun es santan miliknya murni terbuat dari santan saja berwarna putih tanpa menggunakan pewarna makanan.

Manis dan segar es doger khas Bandung ini mampu menjadi pelepas dahaga saat berbuka puasa. Satu porsi es doger disini dibanderol dengan harga Rp 6.000.

Sebelumnya Ishana berjualan di Pasar Velodrome, Sawojajar. Di pasar takjil Jalan Surabaya ini dalam sehari Ishana mampu menjual hingga 500 cup es doger.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Buka Puasa ala Timur Tengah di Al Kabsa"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com