30 Resep Kue Lebaran

Sejak Kapan Saling Kirim Hampers Lebaran Jadi Tradisi?

Riska Fitria - detikFood Senin, 26 Apr 2021 11:00 WIB
Sejak Kapan Saling Kirim Hampers Lebaran Jadi Tradisi? Foto: iStock
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran

3. Asal-usul Dikaitkan dengan Perayaan Penting

Sejak Kapan Saling Kirim Hampers Lebaran Jadi Tradisi?Sejak Kapan Saling Kirim Hampers Lebaran Jadi Tradisi? Foto: iStock

Pada tahun 1800-an di mana bertepatan dengan era revolusi industri, tradisi mengirimkan hampers mulai dikaitkan dengan perayaan penting. Saat itu, lebih dulu dikaitkan dengan hari natal dan pemberian hadiah.

Berawal dari keluarga Victoria kelas menengah dan atas dari abad ke-19 yang mengubah hampers menjadi barang mewah yang diberikan sebagai hadiah. Seiring berjalannya waktu, hampers juga dikaitkan dengan perayaan lebaran.

Kebanyakan hampers lebaran berisi sembako, makanan jadi atau kue-kue kering. Isian tersebut kemudian ditata dalam kerancang dan dihias secantik mungkin. Selain makanan, ada juga hampers yang berisi barang.

4. Mengapa Harganya bisa Mahal?

Sejak Kapan Saling Kirim Hampers Lebaran Jadi Tradisi?Sejak Kapan Saling Kirim Hampers Lebaran Jadi Tradisi? Foto: iStock

Pasti banyak yang menyadari bahwa paket-paket hampers lebaran selalu dibanderol dengan harga yang terbilang mahal. Padahal jika dilihat dari isinya, harga aslinya tidak semahal saat sudah dihias jadi hampers.

Ternyata ada makna tersendiri di balik harga mahal yang ditawarkan untuk hampers. Menurut Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Dr. Drajat Tri Kartono, M.Si, seseorang membeli barang lebih mahal bukan karena nilai guna atau fungsinya, melainkan nilai simboliknya.

Dikutip dari Kompas.com (22/05/20) nilai simbolik berarti barang-barang itu bisa memberikan simbol atau kesan kepada penerimanya. Apalagi penataan hampers yang cantik membuat si penerima merasa eksklusif.

Lebih lanjut, Dr.Drajat mengatakan bahwa kemasan bisa meningkatkan nilai simbolik pada suatu barang. Maka tak heran jika banyak orang yang berani membeli barang berharga tinggi untuk mendapatkan kesan atau penilaian sebagai kelas elit atau kelas atas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com