30 Resep Kue Lebaran

Ini 5 Kue Kering Klasik dari Belanda yang Populer di Indonesia

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 24 Apr 2021 15:30 WIB
Ini 5 Kue Kering Klasik dari Belanda yang Populer di Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto/TP
Jakarta -

Tak lepas dari pengaruh budaya kuliner Belanda, banyak kue kering klasik dari Belanda yang masih digemari di Indonesia hingga sekarang.

Kue kering identik sebagai kudapan spesial di hari raya Lebaran, sampai hari raya lainnya. Jauh sebelum era Kolonial di Indonesia, masyarakat biasanya menyajikan kue-kue tradisional khas daerah masing-masing sebagai suguhan untuk para tamu.

Namun setelah budaya Eropa diperkenalkan lewat Belanda yang datang ke Indonesia ratusan tahun lalu, perlahan kue-kue kering dari Belanda digemari di Indonesia bahkan sampai sekarang.

Mulai dari jan hagels, schuimpjes, katte tong hingga speculaas, kue kering yang kaya rempah. Berikut 5 kue kering klasik dari Belanda yang populer di Indonesia:

Baca Juga: Lebaran Makin Spesial dengan Kue-kue Buatan Sendiri

1. Jan Hagels

Ini 5 Kue Kering Klasik dari Belanda yang Populer di IndonesiaIni 5 Kue Kering Klasik dari Belanda yang Populer di Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto/TP

Jan Hagel merupakan salah satu jenis kue kering klasik dari Belanda yang digemari di Indonesia. Ciri khas kue kering ini terletak pada teksturnya yang renyah, rasanya yang buttery, manis gurih seperti nougat.

Menurut sejarahnya, kue kering ini awalnya diwariskan dari satu generasi ke generasi. Di Belanda sendiri, kue ini selalu ada saat perayaan natal dan sudah menjadi tradisi di sana.

Biasanya para 'Oma' (nenek), akan membuat kue Jan Hagel untuk para cucu dan keluarganya. Kue ini disantap bersama-sama dengan secangkir teh hangat.

2. Schuimpjes

Ini 5 Kue Kering Klasik dari Belanda yang Populer di IndonesiaIni 5 Kue Kering Klasik dari Belanda yang Populer di Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto/TP

Dikenal juga dengan nama kue busa. Schuimpjes merupakan kue kering warisan kolonial Belanda di Indonesia. Kue ini masuk ke dalam daftar camilan jadul yang kini tengah ngetren lagi.

Dibuat dari kocokan putih telur yang ditambah dengan gula, atau meringue. Kue ini punya tekstur yang renyah, dan rasa manis dominan saat digigit di dalam mulut.

Menurut sejarahnya, Schuimpjes pertama kali diciptakan di Swiss oleh pembuat kue bernama Gasparini. Namun popularitas kue busa ini menyebar hingga ke Inggris, Jerman dan Belanda.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com