30 Resep Takjil Buka Puasa

Timun Suri: Manfaat Sehat, Cara Pilih hingga Resep Buah Khas Ramadhan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 17:00 WIB
Timun suri jadi buah favorit saat bulan Ramadhan karena kerap dijadikan menu buka puasa. Pedagang timun suri pun mulai bermunculan jelang Ramadhan di Bogor. Foto: M. Solehudin
Jakarta -

Timun suri jadi buah primadona saat ramadhan. Ada tips cara memilih hingga resep es timun suri menyegarkan. Juga manfaat sehat konsumsi buah kaya air ini.

Saat ramadhan, tak sulit menemukan timun suri. Buah berwarna kuning keemasan ini banyak dijual di penjual kaki lima hingga supermarket.

Timun suri biasanya diolah jadi es menyegarkan yang disajikan sebagai menu buka puasa. Timun suri kerap dipadukan sirup hingga bahan lain seperti selasih atau cincau.

Di balik teksturnya yang renyah segar, timun suri punya segudang manfaat sehat. Konsumsi timun suri bisa melancarkan sistem pencernaan hingga baik untuk penderita diabetes.

Lalu seperti apa cara memilih timun suri yang bagus? Dan bagaimana cara mengolahnya?

Berikut detikfood merangkum serba-serbi soal timun suri:

1. Timun suri termasuk jenis labu

Para petani memanen buah timun suri di kawasan di Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021).Para petani memanen buah timun suri di kawasan di Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat, Rabu (14/4/2021). Foto: Ari Saputra

Banyak orang menyangka kalau timun suri termasuk golongan buah mentimun, tapi nyatanya timun suri adalah spesies labu-labuan. Timun suri memiliki nama latin Cucumis sativus.

Buah ini disebut 'timun' karena bentuknya panjang dan lonjong seperti mentimun. Namun timun suri berukuran jauh lebih besar dari mentimun biasa.

Fakta menarik lain dari timun suri adalah buah ini hanya populer saat bulan ramadhan. Disebutkan sejarawan JJ Rizal, hal ini sudah berlangsung sejak tahun 1970-an di Jakarta.

Tidak ada yang tahu persis alasan timun suri hanya eksis saat ramadhan. Namun berdasarkan asumsi masyarakat, hal ini karena permintaan timun suri memang hanya meningkat selama bulan puasa.

2. Manfaat sehat timun suri

Mengonsumsi timun suri bagus untuk kesehatan, khususnya pencernaan. Sebab daging buah ini memiliki tekstur yang lembut dan agak berserat.

Kandungan serat inilah yang bantu melancarkan sistem pencernaan. Lalu makan timun suri juga aman untuk penderita diabetes lantara kandungan karbohidrat di dalam buah ini tergolong karbohidrat kompleks yang tidak sebabkan lonjakan gula darah dalam waktu cepat.

Manfaat sehat lain dari makan timun suri adalah membuang racun-racun yang ada di tubuh. Istilahnya detoksifikasi yang diperlukan tubuh.

Baca Juga: 10 Manfaat Timun Suri Kaya Gizi untuk Kesehatan

3. Mulai banyak dijajakan di Kalimalang

Sejumlah pedagang timun suri mulai marak membuka lapak di sepanjang Jalan Kalimalang Raya, Jakarta Timur.Sejumlah pedagang timun suri mulai marak membuka lapak di sepanjang Jalan Kalimalang Raya, Jakarta Timur. Foto: Rengga Sancaya

Tahun ini pemandangan penjual timun suri yang berderet sudah bisa ditemukan di sepanjang Jalan Kalimalang Raya, Jakarta Timur.

Sejumlah pedagang timun suri mengakui kalau mereka meraup keuntungan lebih selama bulan ramadhan. Harga jualnya mulai dari Rp5.000 untuk ukuran kecil hingga Rp15.000 untuk ukuran besar.

Baca Juga: Pedagang Timun Suri di Kalimalang Mulai Marak

4. Cara memilih timun suri

Memilih timun suri ada triknya untuk mendapat buah yang empuk, tebal, manis, dan juicy. Pertama, pilih timun suri yang sudah memasuki umur panen yang pas alias sudah tua. Hal ini ditandai dari retakan di permukaan kulitnya.

Retakan ini bukanlah karena tertindih atau bonyok melainkan terbentuk secara alami. Kemudian pilih timun suri yang aroma manisnya harum dan lembut.

Cara memilih timun suri lain adalah melihat tampilan fisiknya. Pilih yang ukurannya sedang. Jangan tergoda memilih yang ukurannya terlampau besar karena timun suri paling enak dihabiskan langsung sesaat setelah dibeli.

5. Resep es timun suri

masak apa es timun surimasak apa es timun suri Foto: 20Detik

Untuk membuat es timun suri yang segar manis, coba saja resep ini. Siapkan bahan tambahan lain seperti cincau hitam, selasih, sirup rasa melon, dan susu kental manis.

Dalam gelas, masukkan potongan timun suri. Tambahkan cincau hitam, dan es batu. Lalu masukkan selasih dan susu kental manis sesuai selera.

Terakhir, sirami es timun suri dengan sirup melon. Aduk es ini hingga rata dan sajikan sesaat sebelum berbuka. Untuk cara membuat yang lebih jelas, simak video berikut ini.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com