30 Resep Takjil Buka Puasa

Timun Suri: Manfaat Sehat, Cara Pilih hingga Resep Buah Khas Ramadhan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 17:00 WIB
Timun suri jadi buah favorit saat bulan Ramadhan karena kerap dijadikan menu buka puasa. Pedagang timun suri pun mulai bermunculan jelang Ramadhan di Bogor. Foto: M. Solehudin

3. Mulai banyak dijajakan di Kalimalang

Sejumlah pedagang timun suri mulai marak membuka lapak di sepanjang Jalan Kalimalang Raya, Jakarta Timur.Sejumlah pedagang timun suri mulai marak membuka lapak di sepanjang Jalan Kalimalang Raya, Jakarta Timur. Foto: Rengga Sancaya

Tahun ini pemandangan penjual timun suri yang berderet sudah bisa ditemukan di sepanjang Jalan Kalimalang Raya, Jakarta Timur.

Sejumlah pedagang timun suri mengakui kalau mereka meraup keuntungan lebih selama bulan ramadhan. Harga jualnya mulai dari Rp5.000 untuk ukuran kecil hingga Rp15.000 untuk ukuran besar.

Baca Juga: Pedagang Timun Suri di Kalimalang Mulai Marak

4. Cara memilih timun suri

Memilih timun suri ada triknya untuk mendapat buah yang empuk, tebal, manis, dan juicy. Pertama, pilih timun suri yang sudah memasuki umur panen yang pas alias sudah tua. Hal ini ditandai dari retakan di permukaan kulitnya.

Retakan ini bukanlah karena tertindih atau bonyok melainkan terbentuk secara alami. Kemudian pilih timun suri yang aroma manisnya harum dan lembut.

Cara memilih timun suri lain adalah melihat tampilan fisiknya. Pilih yang ukurannya sedang. Jangan tergoda memilih yang ukurannya terlampau besar karena timun suri paling enak dihabiskan langsung sesaat setelah dibeli.

5. Resep es timun suri

masak apa es timun surimasak apa es timun suri Foto: 20Detik

Untuk membuat es timun suri yang segar manis, coba saja resep ini. Siapkan bahan tambahan lain seperti cincau hitam, selasih, sirup rasa melon, dan susu kental manis.

Dalam gelas, masukkan potongan timun suri. Tambahkan cincau hitam, dan es batu. Lalu masukkan selasih dan susu kental manis sesuai selera.

Terakhir, sirami es timun suri dengan sirup melon. Aduk es ini hingga rata dan sajikan sesaat sebelum berbuka. Untuk cara membuat yang lebih jelas, simak video berikut ini.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com