Hormati Temannya Berpuasa, Bocah Nonmuslim Ini Makan Diam-diam di Kelas

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 18 Apr 2021 16:00 WIB
Hormati Temannya Berpuasa, Bocah Nonmuslim Ini Makan Diam-diam di Kelas Foto: Facebook Syafiq Izwan Kassim
Jakarta -

Toleransi antarumat beragama bisa dipupuk sejak dini. Bocah nonmuslim ini buktinya. Ia sebisa mungkin makan diam-diam untuk menghormati teman muslim di kelasnya yang berpuasa.

Meski berbeda agama, sudah sepatutnya antarmanusia saling menghargai dan bertoleransi. Hal inipun tidak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa, tapi juga anak kecil.

Di Malaysia viral foto seorang bocah nonmuslim yang tengah makan diam-diam di dalam kelas. Saat itu jam menunjukkan waktu istirahat siang.

Dikutip dari Mothership SG (16/4), foto ini pertama kali diunggah netizen Facebook bernama Syafiq Izwan Kassim yang merupakan guru kelas bocah nonmuslim tersebut. Di keterangan foto ia mengatakan kalau dirinya mempersilakan mereka yang nonmuslim untuk makan bekal seperti biasa.

Hormati Temannya Berpuasa, Bocah Nonmuslim Ini Makan Diam-diam di KelasHormati Temannya Berpuasa, Bocah Nonmuslim Ini Makan Diam-diam di Kelas Foto: Facebook Syafiq Izwan Kassim

"Saya arahkan pelajar nonmuslim untuk mengeluarkan makanan dan makan seperti biasa. Dan seperti biasa, mereka akan makan bekal di atas meja dan mulai makan," katanya.

Namun menurut Syafiq, ada satu anak yang berbeda di antara teman-temannya. Bocah keturunan Malaysia Cina ini menunjukkan toleransinya pada teman-teman muslim di kelas.

"Sebisa mungkin ia makan tanpa membuat anak-anak lain terganggu. Tindakan ini bukan sesuatu yang ia buat-buat. Seorang anak seperti dia tidak mengada-ada. Ini adalah hasil dari didikan dan kesadaran sosial yang hebat," tulis Syafiq.

Baca Juga: Wujud Toleransi, Nonmuslim Ini Tunggu Magrib Tiba Saat Santap di Restoran

Saat makan, bocah nonmuslim ini terlihat menundukkan kepalanya sebisa mungkin. Ia juga menempel ke dekat tembok. Unggahan foto inipun langsung viral dan mendapat banyak tanggapan positif.

Banyak yang memuji bagaimana indahnya toleransi beragama yang dicontohkan anak sekolah. Beberapa netizen bahkan menyarankan sang guru agar menjadikan perilaku bocah ini sebagai contoh untuk yang lain.

Hormati Temannya Berpuasa, Bocah Nonmuslim Ini Makan Diam-diam di KelasHormati Temannya Berpuasa, Bocah Nonmuslim Ini Makan Diam-diam di Kelas Foto: World of Buzz

Sebelum kisah bocah nonmuslim makan diam-diam untuk menghormati temannya yang berpuasa, wujud toleransi juga dilakukan seorang wanita India di Malaysia.

Adalah Vijayalechumy Shamugam atau lebih dikenal dengan nama Aci yang sering membawakan makanan dan minuman buka puasa ke masjid di Ulu Klang, Selangor.

Ia biasanya membawa buah-buahan dan beberapa minuman segar untuk muslim yang hendak buka puasa. Selain itu, ia meminta agar para jemaah masjid membacakan tahlil untuk almarhum adiknya.

Rupanya semasa hidup, adik Aci adalah seorang mualaf. Hal ini membuat Aci selalu ingat untuk menjalankan tradisi berbagi makanan puasa.

Baca Juga: Meski Non Muslim, Wanita Ini Selalu Kirim Makanan Untuk Jamaah Masjid

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com