Red Matcha, Minuman Matcha Baru yang Spesial dari Jepang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 16 Apr 2021 14:30 WIB
Red Matcha, Minuman Matcha Baru yang Spesial dari Jepang Foto: Sora News 24
Jakarta -

Matcha identik dengan warna hijau, tapi kini ada red matcha yang baru dari Jepang. Seperti apa tampilan dan cita rasanya?

Dari Jepang, teh hijau bubuk bernama matcha begitu terkenal. Matcha tinggi antioksidan dan punya segudang manfaat kesehatan.

Orang Jepang tak sembarangan menikmati matcha. Teh hijau bubuk ini umum disajikan dalam rangkaian upacara minum teh tradisional yang sudah ada sejak berabad-abad lalu.

Banyak orang menyukai matcha karena akan menghasilkan tekstur sedikit berbusa saat diseduh. Rasanya seperti daun yang ringan dengan aroma harum yang menenangkan.

Red Matcha, Minuman Matcha Baru yang Spesial dari JepangRed Matcha, Minuman Matcha Baru yang Spesial dari Jepang Foto: Sora News 24

Karena dibuat dari teh hijau, sudah pasti matcha berwarna kehijauan. Namun kini di Jepang ada produk teh baru bernama Aka Matcha yang berarti "Red Matcha" atau teh hijau bubuk merah.

Red matcha diciptakan Kamada Tea Industry yang sudah terkenal sebagai produsen teh berkualitas di sana. Red matcha dibuat dari teh hitam bernama koucha atau "teh merah". Disebut demikian karena warna teh ini merah pekat.

Kamada Tea Industry menyebut paduan matcha dan koucha ini menghasilkan teh dengan rasa yang sangat kaya dan dalam. Produk ini dibuat layaknya matcha yaitu dalam bentuk bubuk.

Untuk menikmatinya juga seperti matcha. Red matcha tinggal diseduh dengan air panas dan diaduk untuk menciptakan tekstur berbusa yang ringan.

Red Matcha, Minuman Matcha Baru yang Spesial dari JepangRed Matcha, Minuman Matcha Baru yang Spesial dari Jepang Foto: Sora News 24

Baca Juga: 5 Fakta Matcha dan Manfaat Sehatnya Bagi Tubuh

Dikutip dari Sora News 24 (14/4), konon rasa red matcha ini penuh rasa dan sangat creamy, padahal tidak dibuat dengan susu.

Untuk kreasi yang lebih nikmat, red matcha juga bisa dipadukan dengan susu. Teksturnya akan jauh lebih creamy dan berbusa.

Red matcha dikembangkan dengan serius selama bertahun-tahun melalui berbagai penelitian dan eksperimen. Daun teh yang digunakan adalah asli Jepang.

Daun teh ini kemudian diproses sedemikian rupa hingga menghasilkan keseimbangan rasa yang maksimal. Karenanya harga red matcha tergolong premium.

Red Matcha, Minuman Matcha Baru yang Spesial dari JepangRed Matcha, Minuman Matcha Baru yang Spesial dari Jepang Foto: Sora News 24

Teh matcha unik ini rencananya dijual mulai dari 5.400 yen atau sekitar Rp725.000 untuk ukuran 30 gram. Harga ini sudah termasuk pengocok bambu.

Saat ini red matcha juga masih ditawarkan lewat kampanye crowdfunding. Targetnya hanya 200.000 yen tapi ternyata sudah melampaui 1 juta yen sekarang.

Dengan popularitas yang tinggi ini, red matcha diprediksi segera tersedia di pasaran dalam waktu dekat.

Baca Juga: Kenapa Matcha Mahal? Ini Alasan Utamanya

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com