30 Resep Takjil Buka Puasa

Inspirasi Resep dan Menu Buka Puasa Buatan Sendiri yang Memuaskan

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 17:30 WIB
Menu buka puasa yang nikmat dan menggugah selera Foto: Getty Images/GaryTalton
Jakarta -

Setelah seharian berpuasa, momen buka puasa menjadi yang paling ditunggu. Berbagai menu takjil buka puasa bisa disiapkan untuk dinikmati bersama kerabat dan keluarga.

Berbuka puasa setelah tidak makan dan minum sejak subuh hingga magrib menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu umat Muslim. Sejatinya berbuka puasa bisa dengan menu apa saja, asalkan sesuai selera dan tidak membahayakan kesehatan.

Jika melihat kebiasaan Nabi Muhammad SAW, beliau menyarankan berbuka puasa dengan menu sederhana. Pilihannya hanya beberapa butir kurma atau air putih.

"Dari Anas bin Malik, ia berkata: Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah), jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air."

Puasa Ramadhan di Masa Pandemi Covid-19, Amankah untuk Kesehatan?Inspirasi Resep dan Menu Buka Puasa Buatan Sendiri yang Memuaskan Foto: Getty Images/Alex Liew

Kurma memang selalu jadi menu primadona saat ramadan. Bukan hanya rasanya yang manis enak, kurma mengandung gula alami yang mampu diubah tubuh menjadi energi.

Selain itu, makan kurma dianggap sebagai pembatal puasa yang tidak terlalu memberatkan kerja sistem pencernaan, namun tetap bernutrisi.

Baca Juga: Makan Kurma dan Minum Air Putih, Buka Puasa Sederhana Rasulullah

Membicarakan menu buka puasa di Indonesia, tentu saja bukan cuma kurma yang populer. Beragam hidangan manis maupun gurih selalu tersaji di meja.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, acara buka puasa sebagian besar orang Indonesia masih berfokus di rumah saja. Kebanyakan dari mereka akan membuat sendiri hidangan buka puasa yang nikmat.

Menu buka puasa yang nikmat dan menggugah seleraMenu buka puasa yang nikmat dan menggugah selera Foto: Getty Images/GaryTalton

Melalui ulasan khusus kali ini, detikfood akan mengungkap berbagai tips membuat makanan dan minuman buka puasa di rumah. Pilihan menunya sederhana, mudah dibuat, dan rasanya enak.

Untuk hidangan gurih, gorengan selalu jadi favorit. Ada bakwan, singkong, hingga tahu yang kerap dibuat. Supaya rasanya makin enak, tentu saja harus memperhatikan beberapa tips tepat untuk membuat gorengan.

Lalu untuk menu yang manis, ada kolak, bubur manis, hingga ragam jajan pasar yang populer. Menu-menu ini bisa kamu buat sendiri di rumah. Tak usah khawatir soal resep, detikfood punya banyak inspirasi resepnya untuk dicontek.

Menu buka puasa yang nikmat dan menggugah seleraMenu buka puasa yang nikmat dan menggugah selera Foto: Getty Images/GaryTalton

Tak ketinggalan dessert dan es-es menyegarkan untuk menu buka puasa. Ada ide resep puding yang enak, es buah sehat tanpa susu, hingga cara mengolah timun suri yang identik sebagai menu buka puasa.

Penggemar kopi juga bisa mencari tahu resep dan tips bikin es kopi susu di rumah untuk menu buka puasa. Nah, supaya tidak ketinggalan info lengkapnya, pantau terus artikel-artikel detikfood ya!

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Konsumsi Kurma Dianjurkan Saat Bulan Puasa

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com