Tak Sengaja Minum Air Es Isi Disinfektan, Perut Wanita Ini 'Terbakar'!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 18:00 WIB
Asian women in satin robes feeling unwell and sinus against gray background. Dust allergies. Flu. People caught cold and allergy. Foto: iStock
Jakarta -

Seorang wanita alami peristiwa mengerikan setelah tak sengaja minum air es bercampur disinfektan. Kejadian ini berlangsung di sebuah gerai KFC di China.

Dikutip dari Mirror.co.uk (14/4), seorang pelanggan KFC melaporkan perutnya terasa terbakar usai salah menenggak minuman. Bermula dari permintaannya akan air es pada pegawai restoran, tapi ternyata bukan air es yang ia dapat.

Wanita pemilik marga Du ini bercerita ia bersantap di restoran KFC yang ada di Suzhou, timur China pada 29 Maret 2021. Ia diberikan segelas air es yang ternyata berisi larutan disinfektan.

Du baru menyadari kejanggalan ini setelah ini meminum beberapa teguk 'air' tersebut. Ia bilang kalau rasa air itu aneh, tapi Du malah menenggaknya lagi untuk memastikan. Akibatnya Du langsung merasa nyeri perut hebat.

Du juga sempat meminta temannya, Chen untuk mencicipi air es yang dipesannya. Chen tak mencium aroma mencurigakan sehingga ia turut meminum air tersebut. Chen bilang kalau rasanya begitu aneh.

Tak Sengaja Minum Air Es Isi Disinfektan, Perut Wanita Ini 'Terbakar'!Tak Sengaja Minum Air Es Isi Disinfektan, Perut Wanita Ini 'Terbakar'! Foto: Asia Wire

Setelah kejadian ini, pegawai KFC mengakui kesalahan ada pada pihak mereka. Air es yang dipesan Du ternyata bercampur dengan larutan disinfektan yang ada di restoran.

Baca Juga: Viral 59 Orang Tewas Setelah Minum Disinfektan, Ini Faktanya

Du dilarikan ke rumah sakit karena merasakan sakit di tenggorokan. Perutnya juga terasa seperti terbakar, disertai kram yang mengganggu.

Dokter mengatakan Du alami gastritis erosif akut, suatu kondisi di mana asam merobek lapisan lambung yang menyebabkan pendarahan dan luka di tukak lambungnya.

Menanggapi hal ini, KFC menawarkan biaya ganti perawatan medis Du sebesar 15.000 yen atau sekitar Rp 3,3 juta. Tapi Du ingin KFC memberikan lebih sebagai kompensasi atas hilangnya gaji dan biaya selama masa cuti sakitnya.

Informasi dari sebuah sumber mengatakan pihak restoran mencoba membuat Du menandatangani perjanjian rahasia agar Du tidak menyebarluaskan kejadian ini di media sosial. Du merasa kecewa akan hal ini.

Tak Sengaja Minum Air Es Isi Disinfektan, Perut Wanita Ini 'Terbakar'!Tak Sengaja Minum Air Es Isi Disinfektan, Perut Wanita Ini 'Terbakar'! Foto: Asia Wire

Global Times mengatakan Du marah dengan reaksi tersebut dan putuskan untuk melaporkan cabang KFC itu ke perusahaan media Jiangsu Broadcasting Corporation.

Sementara itu, berita tentang dugaan campuran air es dengan larutan disinfektan ini membuat netizen Weibo marah. Seorang netizen mengatakan, "Untuk apa 15.000 yuan? Rasa sakit akan bertahan seumur hidup jika perutnya rusak."

Sebelumnya, kejadian tak sengaja minum cairan pembersih juga dialami dua wanita asal Nebraska. Minuman mereka saat sedang menonton bioskop tak sengaja tercampur cairan pembersih.

Salah satu wanita tersebut, Sarah Baker, merasa bibirnya terbakar. Tak lama berselang, kulit bibirnya mengelupas dan ia sampai muntah-muntah.

Menurut Sarah, cairan pembersih dimasukkan ke dalam botol minuman alkohol bekas. Cairan ini kemudian tak sengaja dipakai bartender untuk meracik minuman Sarah dan temannya.

Akibat kejadian ini, Sarah dan temannya harus masuk rumah sakit. Kemudian bartender yang melakukan kesalahan tersebut sudah dipecat.

Baca Juga: Minuman Tak Sengaja Tercampur Cairan Pembersih, Dua Wanita Ini Keracunan

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com