Tips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman Dimakan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 10:30 WIB
Tips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman Dimakan Foto: Ilustrasi iStock

3. Simpan di Freezer

Shot of an open freezer packed with frozen food in plastic bagsShot of an open freezer packed with frozen food in plastic bags Foto: Getty Images/iStockphoto/Moyo Studio

Jika belum ada rencana untuk mengkonsumsi kembali makanan sisa, tapi sayang untuk membuangnya. USDA dan Mayo Clinic menyarankan agar makanan disimpan di bagian freezer. Apalagi jika berencana untuk disimpan lebih dari 3-4 hari.

"Sebenarnya makanan sisa cukup aman jika disimpan di dalam freezer. Tentunya kualitas makanannya jauh lebih baik jika dikonsumsi dalam waktu beberapa bulan setelah disimpan," jelas USDA.

Hindari menaruh makanan sisa yang masih panas atau hangat langsung di dalam freezer. Bisa simpan dulu makanan sisa di bagian kulkas bawah. Setelah suhunya mendingin bisa pindahkan makanan sisa ke atas freezer. Pastikan semua makanan disimpan dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat, agar kualitas makanan tetap terjaga.

4. Pertumbuhan Bakteri

Tips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman DimakanTips Simpan Makanan Sisa di Kulkas Agar Tetap Aman Dimakan Foto: Ilustrasi iStock

Menurut Mayo Clinic dalam menyimpan makanan sisa ada yang namanya 'zona berbahaya'. Di mana makanan sisa disimpan dalam suhu temperatur yang berkisar di angka 4,4 derajat celcius, hingga 60 derajat celcius.

"Dalam kisaran suhu ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri yang sangat tinggi. Makanan sisa biasanya melalui fase zona bahaya ini sebelum disimpan di kulkas, atau ketika sedang dicairkan dari kulkas. Terutama makanan yang mengandung daging dan susu," tulis Mayo Clinic.

Dibandingkan menunggu makanan mencair di suhu ruangan, Mayo Clinic menyarankan untuk mencairkannya menggunakan microwave. Atau bisa juga dipanggang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com