Menu Harian Ramadhan

Menu Harian Ramadhan ke-1: Sup Pangsit dan Ayam Woku Jadi Pembuka Puasa yang Nikmat

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 13 Apr 2021 08:00 WIB
Ayam Woku Kemangi Foto: Dok. Meilanny Dyan
Jakarta -

Hari pertama puasa bisa menyajikan pangsit udang kuah dan ayam woku yang lezat. Takjilnya lumpia Semarang yang padat isiannya.

Salah satu takjil yang nikmat dikonsumsi saat puasa adalah gorengan. Lumpia khas Semarang bisa jadi pilihan yang pas untuk berbuka. Walaupun terasa renyah di luar, namun ketika digigit isinya sangat padat.

Setelah menyantap renyahnya lumpia Semarang, makan malamnya kamu bisa mengisi perut dengan ayam woku kemangi. Olahan ayam khas Manado ini memiliki rasa yang pedas dan aroma rempah yang kuat.

Untuk menu sahur, sup jadi menu andalan yang bisa menghangatkan tubuh. Sup pangsit isi udang dengan kuah bening gurih bisa jadi teman makan nasi yang nikmat saat sahur.

Berikut ide masakan untuk sahur dan berbuka puasa di rumah bersama keluarga tercinta.

1. Sahur: Pangsit Udang Kuah

Pangsit Udang KuahPangsit Udang Kuah Foto: iStock

Pangsit udang kuah yang gurih hangat bisa jadi pilihan nikmat saat sahur. Kamu bisa menyiapkan pangsit isi udang dan kuah kaldunya saat sore hari atau sebelum tidur. Jadi, saat sahur tiba bisa tinggal dihangatkan.

Agar sajiannya makin terasa nikmat, kamu bisa menambahkan potongan sayur seperti sawi hijau atau bokcoy. Tambahkan juga bawang putih goreng dan seledri agar aromanya menggugah selera. Contek resep ini kalau untuk membuatnya.

Baca Juga: Resep Pangsit Udang Kuah yang Gurihnya Nampol

2. Buka Puasa: Lumpia Semarang

Loenpia, or also spelt Lumpia, Semarang is a signature Peranakan dish from Semarang. Spring roll filled with sautéed bamboo shoots and minced chicken; eaten with fresh scallion, spicy cucumber pickle and tapioca sauce. Accompanied with other Javanese snacks for afternoon tea time.Lumpia Semarang Foto: iStock

Gorengan satu ini sangat populer di Semarang, Jawa Tengah. Berupa kulit lumpia yang diberikan isian rebung, udang cincang, ebi, dan telur yang diolah terlebih dahulu.

Agar buka puasa terasa spesial, kamu bisa membuat lumpia Semarang sendiri di rumah. Lengkapi juga lumpia Semarang ini dengan saus bawang putih, lokio, dan cabai rawit. Ikuti resep berikut ini ya.

Baca Juga: Resep Lumpia Semarang yang Padat dan Renyah

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com