5 Sate Ini Disebut Paling Enak di Dunia, dari Yunani hingga Indonesia

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 11 Apr 2021 13:00 WIB
5 Sate Ini Disebut Paling Enak di Dunia, dari Yunani hingga Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Turki

5 Sate Ini Disebut Paling Enak di Dunia, dari Yunani hingga Indonesia5 Sate Ini Disebut Paling Enak di Dunia, dari Yunani hingga Indonesia Foto: Getty Images/iStockphoto

Disebut juga sebagai kebab, sebenarnya hidangan ini lebih mirip seperti sate. Ciri khas sate kebab ini pada penggunaan tusuk besi yang panjang, dan potongan daging kebab yang lebih tebal dan besar.

Sate kebab biasanya dilengkapi dengan paprika atau cabe besar. Daging yang digunakan bisa sapi atau kambing tergantung selera. Sementara bumbu daging diolah dari minyak zaitun, perasan jeruk lemon, bawang bombay, bawang putih, paprika dan masih banyak lagi.

Orang Turki biasanya menyantap sate kebab ini dengan tambahan pita bread, sejenis roti pipih yang jadi menu wajib di hidangan Timur Tengah. Bisa juga ditambahkan dengan yogurt sebagai saus cocolannya

4. Indonesia

Sate Pak Heri Asli, sate legendaris di Sabang, Jakarta Pusat Sejak 1974Sate Pak Heri Asli, sate legendaris di Sabang, Jakarta Pusat Sejak 1974 Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Dipilih banyak orang sebagai salah satu sate paling enak di dunia. Sate khas Indonesia berhasil mencuri hati para wisatawan mancanegara. Sate di Indonesia biasanya menggunakan daging ayam atau kambing. Tapi ada juga yang pakai daging sapi, ikan dan babi.

Potongan daging sate Indonesia lebih tipis dibandingkan sate kebab. Agar lebih gurih, potongan daging diselipkan oleh lemak ayam atau kambing. Bumbu marinasinya beragam, karena setiap daerah di Indonesia memiliki jenis sate masing-masing.

Yang paling populer ada Sate Madura, sate ini disajikan dengan bumbu kacang yang kental dengan rasa gurih manis. Untuk pelengkapnya sate bisa disantap dengan potongan lontong atau buras, dan nasi putih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Legitnya Durian Mentega dari Lereng Semeru"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com