Uenak Poll! Sarapan Pecel Rawon Khas Banyuwangi yang Unik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 11 Apr 2021 08:00 WIB
Mantap! Sarapan Pecel Rawon Khas Banyuwangi Berlauk Lengkap Foto: detikfood
Banyuwangi -

Banyuwangi punya kuliner khas bernama pecel rawon. Menu ini menggabungkan dua kuliner nikmat, pecel sayur dan rawon daging.

Menyambangi Banyuwangi, kamu bisa cicip perpaduan dua masakan enak. Salah satu yang terkenal adalah rujak soto dimana menu ini dibuat dari rujak sayur dan soto.

Lalu Banyuwangi juga punya hidangan pecel rawon yang menggabungkan pecel sayur dan rawon daging dalam satu mangkuk. Pecel rawon banyak dijual di warung kaki lima hingga restoran di sana.

Salah satu tempat terkenal menikmat pecel rawon adalah Rumah Makan Pecel Ayu. Pusatnya berada di Jalan Adi Sucipto Nomor 76, Sobo. Lalu ada juga di Jalan Lijen Nomor 80, Glagah.

Mantap! Sarapan Pecel Rawon Khas Banyuwangi Berlauk LengkapMantap! Sarapan Pecel Rawon Khas Banyuwangi Berlauk Lengkap Foto: detikfood

detikfood (3/4) tertarik membuktikan kenikmatan pecel rawon di sini. Harga per porsinya Rp 17 ribu. Hidangan ini disajikan hangat-hangat sehingga cocok untuk mengganjal perut di pagi hari.

Dalam semangkuk pecel rawon terlihat nasi direndam kuah rawon cukup banyak. Pelengkapnya pecel sayur yang disirami sambal kacang.

Sayurannya ada bayam, tauge, dan kacang panjang. Lalu ada pendamping peyek udang, empal sapi, ragi kelapa, paru goreng dan peyek kacang.

Baca Juga: Sego Cawuk Bu Mantih: Sarapan Nasi Kuah khas Banyuwangi yang Legendaris

Mantap! Sarapan Pecel Rawon Khas Banyuwangi Berlauk LengkapMantap! Sarapan Pecel Rawon Khas Banyuwangi Berlauk Lengkap Foto: detikfood

Pada suapan pertama kami mendapati rasa rawon yang mendominasi. Namun rawonnya unik tak seperti rawon biasa. Tekstur kuahnya lebih kental dan rasanya lebih gurih khas kacang karena bercampur dengan sambal pecel.

Menurut kami, paduan rasa pecel dan rawon dalam satu mangkuk ini tidak terasa aneh. Rasanya justru nikmat dan membuat ketagihan.

Apalagi pecel rawon juga dilengkapi lauk-pauk yang enak. Kami menyukai empal sapi yang gurih empuk dan paru goreng yang teksturnya lebih kenyal.

Selain pecel rawon, Rumah Makan Pecel Ayu juga punya nasi campur yang sayang dilewatkan. Harganya sama-sama Rp 17 ribu per porsi.

Mantap! Sarapan Pecel Rawon Khas Banyuwangi Berlauk LengkapMantap! Sarapan Pecel Rawon Khas Banyuwangi Berlauk Lengkap Foto: detikfood

Nasi campur di sini tak ubahnya nasi rames dengan beragam lauk. Kami memilih paru goreng dan peyek udang. Kemudian ada pelengkap mie goreng, orek tempe, dan sambal.

Menurut kami, rahasia kenikmatan nasi campur di sini pada sambalnya yang pedas sedikit manis. Saat digabungkan dengan semua lauk yang ada, rasanya benar-benar nikmat. Seperti menyantap hidangan rumahan yang puaskan selera.

Nah, kalau kamu sedang melintas ada berada di Banyuwangi, jangan lupa sarapan pecel rawon. Porsinya yang besar dan rasanya yang nikmat dijamin bikin kamu puas!

Baca Juga: 7 Makanan Khas Banyuwangi yang Terkenal, Kamu Suka yang Mana?

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com