Lezatnya Melegenda! Ini Es Campur Ko Acia Khas Pontianak Sejak 1980

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 10 Apr 2021 11:00 WIB
Lezatnya Melegenda! Ini Es Campur Ko Acia Khas Pontianak Sejak 1980 Foto: detikfood

12 isian es campur Ko Acia

Lezatnya Melegenda! Ini Es Campur Ko Acia Khas Pontianak Sejak 1980Lezatnya Melegenda! Ini Es Campur Ko Acia Khas Pontianak Sejak 1980 Foto: detikfood

Es Campur Ko Acia diracik dengan 12 isian. Beberapa di antaranya adalah kolang-kaling, cincau, agar, cendol, jelly, alpukat, longan, kacang hijau, kacang merah, dan sari kelapa.

Untuk menu andalannya bernama Es Campur Gula Merah + Santan + Susu. Harganya Rp 22 ribu per porsi dengan isian lengkap.

Rahasia kenikmatan Es Campur Ko Acia ada pada penggunaan santan yang dicampur susu kental manis. Lalu untuk gulanya, Ko Acia memakai paduan gula putih dan gula merah.

"Gulanya itu kita ada pakai gula putih dan gula merah. Gula putih 70% dan gula merah 30%. Kita pakai (gula merah) yang bagus punya, yang Cap Lontar," kata Ko Acia.

Kacang merah Thailand yang super empuk

Selain kuah gula merah, santan, dan susu yang nikmat, hal lain yang membuat Es Campur Ko Acia spesial adalah isian kacang merah dan kacang hijaunya.

Untuk kacang merah, Ko Acia menggunakan kacang merah asal Thailand. Ukurannya lebih kecil dan teksturnya lebih empuk.

Ko Acia menjelaskan, "Kita pakai kacang merah Thailand yang kecil dan empuk. Mengolahnya dengan cara direbus, dicuci bersih, masak lagi sama gula, baru jadi isian es campur."

Pun untuk kacang hijaunya, Ko Acia juga memakai produk asal Thailand. Sebelum dijadikan isian es campur, kacang hijau ini diolah seperti bubur.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com