Belut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu Pembeli

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 06 Apr 2021 14:30 WIB
Belut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu Pembeli Foto: Facebook Aaron Kwan
Jakarta -

Jika biasanya belut memiliki kisaran panjang sekitar 30-40 cm. Berbeda dengan belut langka yang satu ini. Panjang belut ini mencapai 3,6 meter, potongan dagingnya ludes terjual.

Jadi makanan yang disukai banyak orang Asia. Belut masuk ke dalam jenis ikan yang bentuknya mirip ular. Ada berbagai macam belut dengan total 20 jenis. Mulai dari belut listrik, belut sawah, hingga belut laut.

Baca Juga: Berhasil Ditangkap! Ikan Kerapu 158 Kg Berusia 50 Tahun

Dilansir dari Mashable (06/04), baru-baru ini ditemukan belut langka jenis Moray di Hong Kong. Disebut langka, karena ukurannya yang sangat besar bahkan termasuk raksasa jika dibandingkan belut pada umumnya.

Belut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu PembeliBelut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu Pembeli Foto: Facebook Aaron Kwan

Belut raksasa ini memiliki panjang hingga 3,6 meter. Sementara bobot tubuhnya mencapai 15 kg, butuh dua orang dewasa untuk mengangkat belut langka ini.

Meski belut raksasa ini terbilang langka, tapi potongan dagingnya tetap dijual di salah pasar tradisional Mei Foo di Hong Kong.

Sang pemilik toko ikan menyebutkan bahwa sebelum tokonya buka, ada seorang nelayan yang masuk dan menawarkan belut raksasa tersebut. Sayangnya sang pemilik toko tidak mau memberi tahu berapa harga yang dia bayar untuk mendapatkan belut raksasa tersebut.

Uniknya nelayan ini berhasil menangkap belut raksasa tersebut hanya dengan menggunakan kail kecil. Bukan menggunakan jebakan ikan yang besar.

Belut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu PembeliBelut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu Pembeli Foto: Facebook Aaron Kwan

Foto-foto belut langka ini langsung viral di Facebook, setelah salah satu pengguna bernama Aaron Kwan membagikan penemuan belut ini. Banyak netizen yang setuju bahwa belut ini lebih mirip seperti monster laut.

Karena tingginya minat pembeli yang ingin mencicipi rasa daging belut langka ini. Akhirnya pemilik toko memutuskan untuk memotong belut ini menjadi potongan kecil untuk dijual kembali.

Tak perlu menunggu lama, setelah daging belut dipotong dan dibersihkan oleh pemilik toko. Dalam hitungan jam semua potongan daging belut itu ludes terjual.

Sang pemilik toko menjual daging belut itu seharga USD 13 (Rp 190.000) per 600 gram. Padahal banyak pembeli yang iseng membeli daging belut tersebut tanpa tahu cara memasaknya.

Belut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu PembeliBelut Raksasa Langka 3,6 Meter Ini Ludes Diburu Pembeli Foto: Facebook Aaron Kwan

Akhirnya pemilik toko membuat panduan memasak kepada membeli. Mulai dari cara menyiapkan daging belut, kemudian memanggangnya hingga garing, atau diolah menjadi olahan sup daging yang lembut.

Belut jenis moray memang sering ditemukan di laut. Biasanya belut moray dijual untuk diolah menjadi makanan, terutama oleh orang-orang China dan Jepang.

Namun untuk spesies belut moray raksasa seperti ini terbilang sangat langka. Spesies ini dikenal juga dengan nama Gymnothorax javanicus, atau disebut juga sebagai moray raksasa.

Tak hanya belut raksasa yang bikin heboh. Sebelumnya seorang nelayan di Sungai Lundu, Sarawak, Malaysia, berhasil menangkap ikan pari raksasa. Ikan pari ini memiliki berat mencapai 280 kg.

Baca Juga: Wow! Nelayan Ini Temukan Ikan Pari Jumbo Seberat 280 Kg



Simak Video "Mencicipi Belut Goreng Surabaya yang Nagih Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com