Apes! Beli Kulkas di Toko Online yang Datang Malah Koran Bekas

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 31 Mar 2021 19:00 WIB
Online payment. Hands of woman using mobile smartphone and laptop computer for online shopping. Foto: iStock
Jakarta -

Niatnya ingin praktis beli kulkas di toko online. Wanita ini malah dikirimi koran bekas oleh penjual yang membuatnya kesal setengah mati.

Semenjak fasilitas belanja online semakin canggih, orang-orang lebih memilih berbelanja dari rumah. Barang-barang yang tersedia juga cukup lengkap, mulai dari pakaian sampai kulkas yang berharga jutaan rupiah.

Baca Juga: Sedih! Kisah 5 Penjual Makanan yang Ditipu Pembeli

Tapi meski sistem keamanannya sudah canggih, tetap saja ada pembeli yang berhasil ditipu oleh penjual yang nakal. Seperti pengalaman beli kulkas di toko online, yang dibagikan oleh netizen bernama Khim Woe.

Dikutip dari grup Facebook belanja online (31/03), Khim yang tinggal di Malaysia menceritakan dirinya baru saja membeli kulkas satu pintu beberapa hari yang lalu. Ia memilih salah satu toko online di e-commerce yang terkenal di sana.

Apes! Beli Kulkas di Toko Online yang Datang Malah Koran BekasApes! Beli Kulkas di Toko Online yang Datang Malah Koran Bekas Foto: Khim Woe

Tiga hari setelah melakukan pembayaran akhirnya paket kulkasnya sampai di rumah. Namun ia begitu kaget, ketika sang ayah mengabarkan bahwa hanya ada tumpukan koran bekas di dalam isi paket tersebut.

"Saya pesan kulkas di toko online. Barangnya sampai tiga hari kemudian. Seperti yang kalian lihat, yang saya dapatkan adalah tumpukan koran bekas. Saya membagikan pengalaman ini agar kalian lebih waspada," curhat Khim, lengkap dengan foto-foto koran bekas yang diterimanya.

"Saya masih baru dan masih belajar dalam hal belanja online. Jadi tolong jangan kritik saya," pesan Khim.

Apes! Beli Kulkas di Toko Online yang Datang Malah Koran BekasApes! Beli Kulkas di Toko Online yang Datang Malah Koran Bekas Foto: Khim Woe

Meski tidak menyebutkan berapa kerugian yang dialaminya. Khim mengaku bahwa dia sudah keluar uang banyak untuk membeli kulkas idamannya ini.

Curhatannya ini langsung viral dan ditanggapi oleh netizen yang mencoba memberikannya saran.

"Coba kirim kami link toko online-nya. Dengan begitu kami bisa membantu melaporkannya agar toko ini segera diblokir akunnya. Setidaknya kita bisa mencegah penjual ini untuk tidak menipu orang lagi," saran netizen.

Sayangnya ketika Khim akan membagikan link toko online tersebut, toko online itu sudah lebih dulu dihapus oleh sang penipu. Untungnya pihak e-commerce tempat toko online itu berada, segera menindaklanjuti pengaduan Khim.

Apes! Beli Kulkas di Toko Online yang Datang Malah Koran BekasApes! Beli Kulkas di Toko Online yang Datang Malah Koran Bekas Foto: Khim Woe

"Sebenarnya penjual ini tidak menipu kamu. Kamu bisa lihat di koran bekas yang dia kirim, itu ada banyak iklan kulkas yang sedang promo. Ayo cepat cek sebelum diskonnya selesai," canda salah satu netizen.

Khim bukan satu-satunya korban penipuan dari belanja online. Beberapa waktu yang lalu seorang wanita asal China, terkejut ketika menemukan paket iPhone seharga Rp 22 juta yang dibelinya secara online, hanya berisikan yoghurt rasa buah apel.

Baca Juga: Waduh! Beli iPhone Rp 22 Juta, Wanita Ini Malah Dikirimi Yoghurt Apel



Simak Video "Durasi Simpan Bahan Makanan yang Baik di Kulkas"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com