7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap Hari

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 01 Apr 2021 05:00 WIB
7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap Hari Foto: iStock
Jakarta -

Oatmeal merupakan gandum utuh yang sehat dan aman untuk penderita diabetes. Oatmeal sangat cocok untuk sarapan bahkan dikatakan sebagai menu sarapan terbaik.

Oatmeal merupakan bahan makanan yang terbuat dari gandum utuh. Oatmeal menjadi sumber karbohidrat yang memiliki indeks glikemik rendah atau dicerna oleh tubuh dalam waktu yang cukup lama.

Oatmeal menjadi salah satu pilihan sumber karbohidrat yang cocok untuk dikonsumsi saat sarapan selain nasi dan roti. Bahkan semangkuk oatmeal setiap pagi sangat direkomendasikan oleh para ahli gizi.

Oatmeal juga termasuk salah satu bahan makanan yang gampang disesuaikan dengan selera. Dipadukan dengan buah-buahan segar, biji-bijian hingga buah-buahan kering yang manis.

Dilansir melalui Everyday Health (20/3) berikut 7 alasan oatmeal menjadi pilihan sarapan yang terbaik.

7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap Hari7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap Hari Foto: iStock

1. Rendah Kolesterol dan Stabilkan Gula Darah

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat yang memiliki serat larut dan tak larut. Kedua jenis serat yang ada pada oatmeal ini sangat bermanfaat bagi tubuh.

Serat larut yang ada dalam oatmeal berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol dan menyeimbangkan gula dalam darah. Sedangkan serat tak larut akan masuk ke dalam saluran pencernaan dan meningkatkan gerakan usus sehingga mecegah konstipasi atau sembelit dan menjaga kesehatan percernaan.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Usus

Oatmeal memiliki sebuah varietas antioksidan yang bernama avenanthramides. Kandungan ini secara eksklusif hanya ditemukan pada oatmeal.

Kandungan antioksidan tersebut diketahui memiliki sifat anti inflamasi dan anti gatal. Bahkan, avenanthramides ini juga memiliki fungsi untuk mencegah penyakit jantung koroner, kanker usus dan iritasi kulit.

Baca juga: 8 Manfaat Konsumsi Oatmeal di Pagi Hari Bagi Kesehatan https://food.detik.com/info-sehat/d-5167599/8-manfaat-konsumsi-oatmeal-di-pagi-hari-bagi-kesehatan

7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap Hari7 Alasan Oatmeal Jadi Sarapan Terbaik dan Perlu Dikonsumsi Tiap Hari Foto: iStock

3. Sarapan Seimbang yang Mudah Dibuat

Sebanyak 128 gram oatmeal hanya mengandung 150 kalori dan 4 gram serat. Bahkan, dalam jumlah tersebut oatmeal masih mengandung 6 gram protein yang membantu melengkapi kebutuhan protein jika dikonsumsi pada pagi hari.

Untuk meningkatkan asupan protein melalui semangkuk oatmeal bisa juga ditambahkan dengan selai kacang atau kacang dan biji-bijian. Kombinasi ini bahkan akan cukup untuk memberikan rasa kenyang hingga siang hari nanti.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jaga Daya Tahan Tubuh Keluarga dengan Sarapan Berenergi Lengkap"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com