Serangga dan Ulat Ini Sering Dimakan Manusia Tanpa Disadari

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 30 Mar 2021 18:00 WIB
Laki-laki Prancis ledakkan rumah saat berusaha bunuh seekor lalat Foto: BBC Magazine
Jakarta -

Banyak makanan yang ternyata mengandung ulat hingga serangga di dalamnya. Bahkan beberapanya sering dimakan orang-orang tanpa mereka sadari.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), ada banyak serangga hingga ulat yang ditemukan dalam produk makanan.

Baca Juga: Cirebon Diserang Ulat, 5 Makanan Enak Ini Justru Terbuat dari Ulat

Menurut data yang ada, rata-rata setiap orang pernah menyantap 700 gram ulat, lalat, serangga tanpa mereka sadari sebelumnya.

"Secara ekonominya, sangat sulit untuk menanam, memanen hingga memproses produk mentah yang benar-benar bebas dari lalat atau serangga. Karena hal ini terjadi secara alami dan tidak dapat dihindari," jelas FDA.

Dilansir dari Ranker (30/03), berikut 5 jenis ulat hingga serangga yang paling sering ditemukan di produk makanan sehari-hari.

1. Caterpillar

Serangga dan Ulat Ini Sering Dimakan Manusia Tanpa DisadariSerangga dan Ulat Ini Sering Dimakan Manusia Tanpa Disadari Foto: Ranker

Dikenal juga dengan nama 'ulat'. Hewan yang satu ini paling sering ditemukan di sayuran berdaun. Terutama sayuran bayam, di mana ulat ini cukup aman jika tak sengaja termakan oleh manusia.

Mirip seperti ulat-ulat yang ditemukan di dalam kaleng jamur. Jika orang-orang tak sengaja mengkonsumsinya, ulat ini tidak akan terlalu berdampak pada tubuh.

Biasanya ditemukan sekitar dua atau tiga ekor ulat di setiap 10 kg sayuran bayam. Hal ini bisa dihindari jika orang-orang membilas dan mencuci bersih bayam, sebelum diolah menjadi makanan.


2. Telur Lalat

Cara Mengusir Lalat Pada MakananCara Mengusir Lalat Pada Makanan Foto: TikTok @athelinaluize , iStock

Telur lalat masuk ke dalam jajaran serangga hingga ulat yang paling sering dikonsumsi manusia. Terutama bagi para penggemar produk tomat kalengan, atau saus tomat.

Menurut FDA, semua produk olahan tomat seperti pasta tomat, bubur tomat, jus tomat dan saus tomat semuanya mengandung beberapa telur lalat di dalamnya.

Untuk produk tomat yang dihaluskan contohnya. Setidaknya ada 19 telur lalat dalam setiap 100 gramnya. Sementara di produk jus tomat rata-rata mengandung 9 telur lalat per 100 gram.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com