Mengenal Puasa Mutih, Ritual yang Dijalani Aurel Hermansyah Jelang Pernikahan

Riska Fitria - detikFood Selasa, 30 Mar 2021 11:30 WIB
Mengenal Puasa Mutih, Ritual yang Dijalani Aurel Hermansyah Jelang Pernikahan Foto: Instagram @aurelhermansyah
Jakarta -

Menjelang hari pernikahan, Aurel Hermansyah telah melakukan banyak persiapan. Kini ia tengah menjalani puasa mutih. Lantas apa itu puasa mutih? ini faktanya.

Pernikahan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar akan berlangsung pada 3 April 2021. Berbagai rangkaian acara juga telah dilakukan, mulai dari lamaran, siraman, hingga pengajian.

Selain itu, persiapan-persiapan menuju hari bahagia juga telah dilakukan Aurel Hermansyah. Lewat Insta Storynya, Aurel mengunggah aneka makanan berwarna putih. Aurel mengatakan kalau ia tengah menjalankan puasa mutih.

"Puasa mutih katanya supaya nanti pas nikah manglingi, biar cerah, biar glowing," ujarnya dalam video.

Berikut 5 fakta tentang puasa mutih :

1. Apa Itu Puasa Mutih?

Mengenal Puasa Mutih, Ritual yang Dijalani Aurel Hermansyah Jelang PernikahanMengenal Puasa Mutih, Ritual yang Dijalani Aurel Hermansyah Jelang Pernikahan Foto: iStock

Puasa mutih adalah pola makan yang mana hanya boleh mengonsumsi nasi putih dan air putih saja. Nasi putih yang dimakan juga tidak boleh ditambah dengan garam, gula atau bumbu lainnya.

Puasa mutih berasal dari tradisi Jawa. Kata putih menjadi mutih yang artinya 'memutihkan'. Secara filosofis, puasa mutih dilakukan untuk membersihkan diri, baik hati maupun jiwanya.

Selain itu, juga untuk mendapat keberkahan sebagaimana filosofis warna putih. Umumnya puasa mutih dilakukan pada tanggal tertentu saat bulan purnama. Namun, ada juga yang melakukan puasa mutih menjelang hari pernikahan.

Baca Juga : Siap Nikah, Aurel Hermansyah Jago Bikin Makanan Enak untuk Atta Halilintar

2. Puasa Mutih dalam Pandangan Islam

Mengenal Puasa Mutih, Ritual yang Dijalani Aurel Hermansyah Jelang PernikahanMengenal Puasa Mutih, Ritual yang Dijalani Aurel Hermansyah Jelang Pernikahan Foto: iStock

Dalam agama Islam diajarkan tentang puasa, ada puasa wajib dan puasa sunnah. Puasa wajib dilakukan di bulan Ramadhan, sementara puasa sunnah dilakukan di luar bulan Ramadhan berdasarkan syariat Nabi Muhammad SAW.

Bicara soal puasa mutih sebenarnya jenis puasa ini tidak masuk dalam hakekat puasa dalam Islam. Mengingat pengertian puasa dalam Islam adalah tidak makan dan minum dari fajar hingga matahari terbenam.

Selain itu, Rasulullah tidak pernahmensyariatkan puasa sunnah dengan caramutih. Jadi, dapat dikatakan bahwa puasamutih bukan berasal dari ajaran Islam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Bakso Beranak Petir khas Bakso Iga Timbul"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com