Mirip Batu Digoreng Pakai Pasir, Netizen Bingung dengan Jajanan Ini

Sonia Basoni - detikFood Senin, 29 Mar 2021 19:30 WIB
Mirip Batu Digoreng Pakai Pasir, Netizen Bingung dengan Jajanan Ini Foto: Facebook Foodie Incarnate
Jakarta -

India punya banyak jajanan kaki lima yang unik dan menarik. Seperti jajanan yang satu ini, tampilannya mirip seperti batu yang digoreng pakai pasir.

Gudangnya jajanan kaki lima unik. Hampir setiap makanan kaki lima di India punya keunikannya sendiri. Seperti jajanan asal Mainpuri, Uttar Pradesh ini.

Baca Juga: 5 Makanan India Jorok Ini Laris Meski Diolah Pakai Tangan Telanjang!

Dilansir dari Food NDTV (29/03), banyak netizen yang bingung dengan penampakan jajanan ini. Karena sekilas jajanan ini lebih mirip seperti batu-batu kecil yang tengah digoreng dengan pasir.

Setelah ditelusuri lebih lanjut ternyata jajanan ini dikenal dengan nama 'bhuna aloo'. Hidangan unik dari Uttar Pradesh, berupa kentang digoreng dengan pasir menggunakan kayu bakar.

Mirip Batu Digoreng Pakai Pasir, Netizen Bingung dengan Jajanan IniMirip Batu Digoreng Pakai Pasir, Netizen Bingung dengan Jajanan Ini Foto: Facebook Foodie Incarnate

Banyak orang yang penasaran dengan bhuna aloo, setelah salah satu food vlogger bernama Amar Sirohi mengunggahnya di Facebook. Tampak beberapa penjual bhuna aloo tengah sibuk mengaduk-aduk kentang utuh di dalam pasir yang berat.

Kebanyakan penjual bhuna aloo menggunakan gerobak kecil untuk menggoreng kentang mereka.

"Cara membuat bhuna aloo cukup mudah. Pertama masukkan kentang utuh yang banyak ke dalam kuali berisi pasir yang penuh, kemudian masak di atas api selama 20 menit. Kentang siap disajikan," jelas Amar.

Mirip Batu Digoreng Pakai Pasir, Netizen Bingung dengan Jajanan IniMirip Batu Digoreng Pakai Pasir, Netizen Bingung dengan Jajanan Ini Foto: Facebook Foodie Incarnate

Mirip seperti ubi dan jagung bakar. Bhuna aloo bisa dimakan langsung, atau dicocol dengan chutney khas India yang dibuat dari tomat dan bawang putih.

Kalau mau yang lebih creamy, beberapa penjual juga menyediakan saus cocolan masala. Dibuat dari beberapa jenis rempah dan mentega yang meleleh ketika bertemu kentang hangat.

Meski dimasak menggunakan pasir, tapi jajanan ini jauh lebih sehat dibandingkan gorengan dan makanan lainnya. Karena kentang diolah dengan pasir dan tidak menggunakan minyak.

Banyak netizen yang bingung dan penasaran dengan kentang pasir satu ini.

Mirip Batu Digoreng Pakai Pasir, Netizen Bingung dengan Jajanan IniMirip Batu Digoreng Pakai Pasir, Netizen Bingung dengan Jajanan Ini Foto: iStock

"Awalnya saya kira orang-orang ini tengah menggoreng batu gosong di atas pasir," komen salah satu netizen.

"Jajanan di India selalu unik. Bisa-bisanya ada penjual kentang yang menggunakan pasir dan kayu bakar sebagai alat memasaknya," puji netizen.

"Hanya di India, ada batu goreng pasir yang enak dan aman dimakan untuk manusia. Jika saya ke sana, sudah pasti saya akan mencoba jajanan unik yang satu ini," pungkas netizen lainnya.

Sebelumnya banyak orang Indonesia yang membagikan pengalaman mereka saat mencicipi jajanan kaki lima di India. Ada yang merasa jijik hingga ketagihan.

Baca Juga: Bagikan Pengalaman Jajan di India, Ada yang Jijik



Simak Video "Unik Enak Serabi Dugem di Kawasan Barito Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com