Aprilio Manganang Jago Masak, Pernah Bikin Ceker Sambal Ijo

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 28 Mar 2021 12:00 WIB
Aprilio Manganang Jago Masak, Pernah Bikin Ceker Sambal Ijo Foto: YouTube Aprilia Manganang
Jakarta -

Aprilio Manganang yang sebelumnya dikenal sebagai Aprilia Manganang adalah eks atlet voli kebanggaan Indonesia. Selain jago main voli, Aprilio juga jago masak lho!

Nama Aprilia Manganang sempat jadi perbincangan terkait identitas barunya. Ia kini resmi menjadi laki-laki setelah sebelumnya dianggap perempuan.

Aprilia Manganang alami kondisi medis bernama hipospadia. Ia telah jalani corrective surgery dan kini sudah resmi berganti nama jadi Aprilio Perkasa Manganang.

Baca Juga: Aprilio Perkasa Manganang: Saya Berkharisma & Menghormati Wanita

Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini punya sisi menarik. Ia ternyata sosok yang jago masak. Hal ini pernah ditunjukkan Aprilio Manganang dalam video YouTube-nya yang diunggah akhir Maret 2020.

Aprilio Manganang Jago Masak, Pernah Bikin Ceker Sambal IjoAprilio Manganang Jago Masak, Pernah Bikin Ceker Sambal Ijo Foto: YouTube Aprilia Manganang

Kala itu ia membuat ceker sambal ijo. Pertama, pria 28 tahun ini menunjukkan bahan dan bumbu dapur yang ia pakai. Ada daun jeruk, lengkuas, cabai hijau, cabai merah, jahe, dan banyak lainnya.

Aprilio Manganang pilih menumbuk sendiri bumbu dapur yang akan ia pakai. Di cobek batu ia menghaluskan jahe, lengkuas, hingga cabai. "Kita pakai yang tradisional, kalau pakai blender (menghaluskannya), kurang etis aja sih," tulisnya.

Menurut Aprilio Manganang, masak adalah kegiatan utamanya selain main voli dan tidur. Tak heran kalau ia terlihat luwes melakukan tugas-tugas dapur, bahkan tak segan duduk di lantai dapur.

Aprilio Manganang Jago Masak, Pernah Bikin Ceker Sambal IjoAprilio Manganang Jago Masak, Pernah Bikin Ceker Sambal Ijo Foto: YouTube Aprilia Manganang

Setelah semua bumbu dapurnya halus, ia menyiapkan ceker ayam. Aprilio Manganang membalurinya dengan jeruk nipis dan garam. "Supaya ngerasa duh rasanya enak sekali," tuturnya.

Dalam minyak panas, ia mulai menumis lengkuas. "Kita masukin bumbu yang tadi kita ulek," lanjutnya. Tambahan daun jeruk membuat olahan ceker sambal ijonya makin harum.

Ia terus mengaduk-aduk bumbu sampai agak matang, kemudian memasukkan ceker ayam yang sudah direbus. Aprilio Manganang melanjutkan, "Kita taruh air." Olahan ceker inipun dimasak sampai matang.

Aprilio Manganang Jago Masak, Pernah Bikin Ceker Sambal IjoAprilio Manganang Jago Masak, Pernah Bikin Ceker Sambal Ijo Foto: YouTube Aprilia Manganang

Terakhir ia mengoreksi rasanya dan putuskan menambahkan garam. Ceker sambal ijopun siap dilahapnya.

Videonya masak ceker sambal ijo sudah ditonton lebih dari 758 ribu kali. Banyak netizen yang merasa terhibur dan ikut mendoakan Aprilio Manganang dengan identitas barunya.

Baca Juga: Pose Seru Aprilia Manganang Saat Makan Bareng Agnez Mo

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com