8 Fakta Menarik Dapur Gedung Putih yang Tak Diketahui Banyak Orang

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 27 Mar 2021 08:30 WIB
EK0AXG Presidential White House Fence Fountain Pennsylvania Ave Washington DC Foto: BBC Travel
Jakarta -

Gedung Putih alias White House merupakan kediaman resmi Presiden AS beserta keluarga. Ternyata dapur dalam Gedung Putih ini punya fakta menarik

Ruang kerja presiden mungkin menjadi salah satu tempat tersibuk di sana. Namun di balik itu, ada ruangan lain yang tak kalah sibuknya dan menyimpan sejumlah rahasia menarik. Tempat itu adalah dapur Gedung Putih.

Para staf dapur selalu menyiapkan makanan Presiden AS dari waktu ke waktu. Berikut 8 fakta menarik di balik dapur Gedung Putih, seperti dilansir dari dilansir Insider.

1. Presiden bayar belanjaan sendiri

Siapa kira orang nomor satu di Negeri Paman Sam harus membayar belanjaannya sendiri? Namun, kebijakan pemerintah AS memang mengharuskan presiden menanggung kebutuhan hariannya sendiri, termasuk belanja makanan.

Istri Presiden AS ke-44, Michelle Obama mengatakan bahwa saat hari pertama menempati White House ia tidak tahu kebijakan tersebut. Sekali waktu, ia pernah meminta buah persik pada staf dapur dan mereka langsung menyajikannya beserta tagihan senilai US$500 atau sekitar Rp7,2 juta.

"Sejak saat itu, saya akhirnya memberitahu Barrack agar tidak meminta apapun hanya untuk kesenangan, kecuali tahu berapa biaya yang diperlukan untuk itu," katanya.

First lady Melania Trump stands next to the 2020 Official White House Christmas tree as it is presented on the North Portico of the White House, Monday, Nov. 23, 2020, in Washington. (AP Photo/Andrew Harnik)Gedung Putih. Foto: AP Photo/Andrew Harnik

2. Ada 3 dapur di Gedung Putih

Gedung Putih memiliki tiga dapur, yaitu dapur utama, dapur kue, dan dapur keluarga. Dapur utama terletak di lantai dasar dan semula merupakan ruang duduk yang kemudian diubah oleh Jacqueline Kennedy pada 1961. Keluarga Bill Clinton pun sempat mengubahnya dapur tersebutjadi lebih sederhana.

Selain itu, terdapat dua pantry yang berada di dapur utama di lantai dasar dan di lantai yang sama dekat ruang makan. Staf dapur biasanya menggunakan tangga spiral untuk mengambil makanan dari pantri karena jaraknya yang jauh.

3. Ada 'toko coklat' di dapur utama

Dapur utama juga memiliki tempat di mana para koki membuat dessert dan kudapan untuk acara di Gedung Putih tersebut. Bagian dapur ini biasanya disebut 'Toko Cokelat' karena para koki sering menyajikan makanan penutup dari cokelat.

Di tempat ini juga, para koki biasanya menyiapkan telur untuk Paskah, dan membuat roti jahe untuk hari Natal.

Apa saja kesibukan dapur Gedung Putih yang memasak ribuan porsi makanan? Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Kue Kering Tanpa Oven"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com