Anies Baswedan Puji Bocah yang Gigih Bantu Orangtua Jualan Pecel Lele

Riska Fitria - detikFood Jumat, 26 Mar 2021 11:30 WIB
Anies Baswedan Puji Bocah yang Gigih Bantu Orangtua Jualan Pecel Lele Foto: Instagram @aniesbaswedan
Jakarta -

Semangat bocah 14 tahun ini mencuri perhatian Gubernur Anies Baswedan. Sebab bocah itu sangat giat membantu kedua orangtuanya berjualan pecel lele setiap malam. Ini kisahnya.

Lewat unggahan di Instagram (26/03) Gubernur Anies Baswedan menceritakan kisah menginspirasi dari bocah laki-laki berusia 14 tahun. Itu berawal saat Anies Baswedan mengunjungi warung pecel lele di Lebak Bulus usai bersepeda.

Bocah tersebut bernama Muhammad Fahri Husaini Arrosi atau biasa dipanggil Rosi. Meski usianya masih kecil, tetapi Rosi punya semangat yang tinggi untuk membantu kedua orangtuanya berjualan pecel lele.

Baca Juga : Kisah Bocah SD Jualan Cilok Demi Beli Kuota Internet untuk Belajar Online

Anies Baswedan Puji Bocah yang Gigih Bantu Orangtua Jualan Pecel LeleAnies Baswedan Puji Bocah yang Gigih Bantu Orangtua Jualan Pecel Lele Foto: Instagram @aniesbaswedan

Ternyata Rosi masih duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas 8. Berbeda dengan anak-anak di usianya, Rosi justru piawai dalam segala saat membantu berjualan di warung pecel lele.

Mulai dari memotong sayuran, menyeduh teh, menyiapkan nasi hingga mencuci piring dan gelas kotor. Kegigihan Rosi itulah yang mencuri perhatian Anies Baswedan.

"Dia terampil bergerak dari satu tugas ke tugas lain. Anak ini lincah, tangkas dan ceria," tulisnya Anies Baswedan dalam caption.

Anies Baswedan Puji Bocah yang Gigih Bantu Orangtua Jualan Pecel LeleAnies Baswedan Puji Bocah yang Gigih Bantu Orangtua Jualan Pecel Lele Foto: Instagram @aniesbaswedan

Anies Baswedan juga menyempatkan untuk berbincang dengan Rosi. Betapa kagumnya Anies Baswedan saat mengetahui Rosi dapat membagi waktu antara belajar dan membantu orangtua.

"Sekolah masuknya siang dan sekarang kan online. Jadi kalau malam bisa bantu orangtua. Pagi harinya belajar dan istirahat," ujar Rosi.

Saat ditanya oleh Anies Baswedan, ternyata Rosi memiliki cita-cita menjadi seorang pengusaha sukses. Anies Baswedan menyebut kalau kegigihan Rosi pasti ada andil dari orangtua yang mendidiknya sejak kecil.

"Keluarga ini sederhana, tapi mereka tangguh. Terlihat bahwa sesungguhnya Pak Agus itu pendidik yang hebat. Dia sedang mendidik anaknya menjadi ulet, terampil dan bersahaja," tulis Anies Baswedan.

Anies Baswedan Puji Bocah yang Gigih Bantu Orangtua Jualan Pecel LeleAnies Baswedan Puji Bocah yang Gigih Bantu Orangtua Jualan Pecel Lele Foto: Instagram @aniesbaswedan

Lebih lanjut, Anies juga menyebut kalau warung pecel lele milik Pak Agus itu merupakan ruang pendidikan dan ruang perluasan wawasan untuk mereka. Menurut Anies, kedua orangtua Rosi berhasil mendidiknya menjadi sosok yang tangguh.

"Orangtua yang dalam kesederhanaan dan tanpa disadarinya sedang mendidik anak-anaknya jadi pribadi hebat," sambung Anies Baswedan.

Unggahan Anies Baswedan itu pun dibanjiri komentar netizen. Tak sedikit netizen yang ikut salut dengan kegigihan dan semangat Rosi yang selalu membantu kedua orangtua berjualan.

"Keren banget Rosi. Semoga cita-cita kamu ingin jadi pengusaha bisa tercapai ya. Jadi bisa menaikkan derajat orangtua juga," tulis netizen.

"Semangat terus Rosi, gak ada usaha yang menghianati hasil. Kamu pasti bisa jadi pengusaha hebat dan sukses," tulis netizen lainnya.

Baca Juga : Bocah Kelas 3 SD Ini Harus Kayuh Sepeda 18 Km Demi Jualan Gorengan



Simak Video "Cita Rasa Pecel Ayam hingga Bebek Legendaris untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com