Heboh Resto Sushi Terkenal Diduga Tak Halal, Dipicu Isu Menu Babi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 26 Mar 2021 10:30 WIB
Heboh Resto Sushi Terkenal Diduga Tak Halal, Dipicu Isu Menu Babi Foto: World of Buzz
Jakarta -

Restoran Sushi Jiro di Malaysia diduga tak halal setelah seorang pengunjung Muslim mendapat informasi kalau restoran itu menyajikan menu mengandung babi. Seperti ini kisahnya.

Berasal dari Jepang, kenikmatan sushi kini mendunia. Ada banyak restoran sushi asal Jepang yang membuka cabang di negara lain dan selalu ramai pengunjung.

Salah satunya gerai Sushi Jiro di Malaysia. Lokasinya tersebar di Kuala Lumpur, Selangor, hingga Serawak. Dilihat dari situs resminya (26/3), restoran sushi ini menawarkan ragam varian sushi, bahkan termasuk sushi vegan.

Baru-baru ini Sushi Jiro menghadapi tuduhan kalau restoran mereka tak halal. Dikutip dari World of Buzz (26/3), cerita bermula dari unggahan seorang pengunjung Muslim yang viral di Facebook (24/3).

Pengunjung itu tadinya mau makan di Sushi Jiro, tapi kemudian ia diperingatkan oleh seorang pegawai perempuan bahwa restoran tersebut menyajikan menu berbahan babi.

"Saya dan suami kaget karena ada banyak Muslim di sana. Saya berkali-kali meminta ia untuk menjelaskan, tapi ia tidak mengizinkan saya masuk ke restoran karena saya berniqab (cadar). Saya diselamatkan Allah karena niqab yang saya pakai. Tapi saya masih sedih karena tidak tahu harus berbuat apa setelah itu. Kasihan saudara-saudara Muslim saya yang tertipu karena makan di restoran itu. Mari kita lebih berhati-hati," tulis pengunjung tersebut dalam unggahan yang kini sudah dihapusnya.

Heboh Resto Sushi Terkenal Diduga Tak Halal, Dipicu Isu Menu BabiHeboh Resto Sushi Terkenal Diduga Tak Halal, Dipicu Isu Menu Babi Foto: World of Buzz

Unggahan itu tadinya sudah dibagikan lebih dari 13 ribu kali. Banyak netizen khawatir dengan status kehalalan menu-menu di Sushi Jiro.

Baca Juga: Demi Sushi Gratis, Ratusan Orang Rela Ganti Nama Jadi Salmon

Sebelumnya, restoran sushi ini juga pernah jadi perbincangan terkait masalah halal. Ada netizen yang bertanya di TripAdvisor mengenai apakah Sushi Jiro halal?

Pertanyaan ini kemudian dibalas seorang perwakilan manajemen Sushi Jiro. Ia menulis bahwa restorannya tidak halal karena menyajikan bir.

"Terlepas dari itu, semua produk daging yang kami pakai berasal dari pemasok yang mengantongi sertifikat halal dan kami tidak menyajikan menu mengandung babi," katanya.

Heboh Resto Sushi Terkenal Diduga Tak Halal, Dipicu Isu Menu BabiHeboh Resto Sushi Terkenal Diduga Tak Halal, Dipicu Isu Menu Babi Foto: World of Buzz

Hanya saja perwakilan Sushi Jiro ini menambahkan kalau beberapa menu mereka mengandung mirin (bumbu masak mengandung alkohol) untuk meningkatkan cita rasanya. "(Namun) Secara umum, dalam proses pemasakan, mirin akan menguap," tutupnya.

Menanggapi hal ini, Sushi Jiro membantah tuduhan kalau mereka menyediakan menu bir karena menu tersebut sudah tidak ada sejak 2018.

Hanya saja benar bahwa mereka masih menggunakan sedikit mirin. Kepada World of Buzz, perwakilan Sushi Jiro mengatakan kini mereka tengah berusaha mencari resep terbaik agar bisa benar-benar bebas alkohol.

Sushi Jiro juga menekankan bahwa semua daging yang mereka sajikan berasal dari pemasok yang mengantongi sertifikat halal. Dan semua menu di restoran itu tak ada yang mengandung daging atau minyak babi.

Baca Juga: Jangan Terkecoh! Sushi-Sushi Cantik Ini Terbuat dari Batu

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com