Salut! Nenek 68 Tahun Bertahan Hidup dengan Jualan Lele Keliling Kampung

Riska Fitria - detikFood Minggu, 21 Mar 2021 13:00 WIB
Salut! Nenek 68 Tahun Bertahan Hidup dengan Jualan Lele Keliling Kampung Foto: Instagram @f.anandaputri
Jakarta -

Demi bertahan hidup, nenek berusia 68 tahun ini berjualan lele hutan. Ia selalu mencari lele hutan di malam hari dan dijual dengan berkeliling menaiki sepeda. Ini kisahnya.

Setiap orang pasti menginginkan masa tua yang indah. Dan seharusnya seseorang yang sudah berusia lanjut bisa menghabiskan masa tuanya di rumah. Namun sayangnya, tidak semua orang bernasib sama.

Tak sedikit orang yang hidup serba keterbatasan, sehingga membuat mereka terpaksa masih banting tulang mencari nafkah demi bertahan hidup. Seperti yang dialami oleh nenek berusia 68 tahun ini.

Baca Juga : Tak Kenal Lelah, Kakek Nenek Ini Jualan Jagung Bakar Sampai Larut Malam

Salut! Nenek 68 Tahun Bertahan Hidup dengan Jualan Lele Keliling KampungSalut! Nenek 68 Tahun Bertahan Hidup dengan Jualan Lele Keliling Kampung Foto: Instagram @f.anandaputri

Nenek bernama Nur tersebut harus banting tulang dengan berjualan lele hutan. Setiap hari ia harus mencari lele hutan di parit di sekitar tempat tinggalnya. Alat yang digunakan hanya berupa lukak.

Kisah nenek Nur ini menarik perhatian netizen setelah dibagikan lewat akun Instagram @f.anandaputri. Pemilik akun tersebut mengatakan bahwa nenek Nur hanya tinggal sendiri di rumah.

"Nenek Nur berusia 68 tahun mencari rezeki dengan berjualan ikan lele hutan dengan berkeliling kampung menggunakan sepeda," tulisnya dalam caption (16/03).

Salut! Nenek 68 Tahun Bertahan Hidup dengan Jualan Lele Keliling KampungSalut! Nenek 68 Tahun Bertahan Hidup dengan Jualan Lele Keliling Kampung Foto: Instagram @f.anandaputri

Pencarian lele dilakukan oleh nenek Nur saat malam hari. Kemudian ia baru menjualkan di keesokan harinya. Satu kilo lele yang ia jual dibanderol dengan harga sekitar Rp 30.000.

Lebih lanjut, pemilik akun tersebut juga menjelaskan jika lele-lele tersebut tidak laku terjual, maka akan dimasak sendiri oleh nenek Nur. Selain untuk dimakan sendiri, ia juga selalu membagikan lele hasil masakannya kepada tetangganya.

Unggahan tentang nenek Nur tersebut pun menjadi viral. Banyak netizen yang merasa salut dengan perjuangan si nenek dalam bertahan hidup. Apalagi di tengah pandemi yang semuanya pasti terasa lebih sulit.

Salut! Nenek 68 Tahun Bertahan Hidup dengan Jualan Lele Keliling KampungSalut! Nenek 68 Tahun Bertahan Hidup dengan Jualan Lele Keliling Kampung Foto: Instagram @f.anandaputri

"Nenek semoga sehat selalu ya nek dan diberi rezeki yang melimpah, sumpah nenek bisa menikmati masa tua dengan indah," tulis netizen.

"Yaampun gak tega ngeliatnya jadi inget ibu di kampung. Semoga aku bisa sukses supaya bisa bantu ibu jadi ibu gak perlu kerja lagi," tulis netizen lainnya.

Sementara itu tak sedikit netizen yang menyalurkan sumbangan untuk membantu kehidupan nenek Nur. Dalam dana yang digalang oleh pemilik akun yang bekerja sama dengan komunitas kemanusiaan @mexson_ghaisforhumanity berhasil mengumpulkan senilai Rp 2.200.000.

"Alhamdulillah amanah untuk nenek Nur penjual ikan lele dananya sudah kamu serahkan kepada beliau ya. Aman untuk nenek Nur dari donatur senilai Rp 2.200.000. Terima kasih kepada donatur," tulisnya dalam caption.

Baca Juga : Hiks! Nenek Penjual Sayur Terharu Dagangannya Diborong Segerobak



Simak Video "Masak Masak: Resep Lobster Keju Sambal Matah"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com