ADVERTISEMENT

5 Kasus Buah Mematikan, Apel hingga Leci Beracun

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 21 Mar 2021 14:00 WIB
Leci
Foto: iStock
Jakarta -

Menyantap buah memang enak, tapi siapa sangka di dunia ini ada buah-buah yang mematikan. Seperti apel hingga leci beracun yang mengancam keselamatan.

Di balik rasanya yang manis, asam, dan menyegarkan, beberapa buah di dunia ada yang berbahaya. Bahkan mengonsumsi buah ini bisa mematikan.

Hal ini lantaran adanya bahan kimia atau senyawa beracun yang terkandung dalam buah. Saat dimakan, buah ini bisa menimbulkan gangguan pernapasan hingga pendarahan internal.

Lalu ada juga buah yang secara langsung menyebabkan kematian. Seperti tragedi jatuhnya buah kelapa hingga tewasnya seseorang karena terbentur duri tajam durian.

Dikutip dari Listverse (19/3), berikut 5 kasus buah mematikan yang pernah terjadi:

1. Apel

5 Alasan Makan Apel Bagus untuk Diet, Efektif Turunkan Berat Badan!Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Di Spanyol ada pohon apel yang terkenal mematikan. Orang-orang menyebutnya 'The Machineel Tree'. Pohon ini berbahaya karena memproduksi zat iritasi yang kuat pada getahnya.

Bahkan hanya dengan menyentuh kulit pohon atau berdiri di bawahnya bisa menyebabkan cedera. Untuk buahnya, pohon ini menghasilkan apel hijau yang menggugah selera, namun jangan tergoda memakannya.

Saat dimakan, apel ini bisa memunculkan efek keracunan. Mulai dari gastroenteritis parah, pembengkakkan saluran napas, serta pendarahan internal.

2. Kelapa

Siapa sangka buah tropis ini menyebabkan banyak kematian. Tahun 1984, seorang dokter asal Kanada yang kembali dari Papua Nugini dan Angola memperkirakan jumlah kematian tahunan akibat kejatuhan kelapa mencapai 150 orang per tahun.

Tahun 2010, pemerintah India bahkan memerintahkan penebangan semua pohon kelapa di area sekitar Museum Ghandi di Mumbai. Hal ini lantaran Presiden Barack Obama kala itu ingin berkunjung ke sana. Pemerintah India khawatir kelapa akan membuat keselamatan Barack Obama terancam.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT