Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 20 Mar 2021 17:00 WIB
Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru Foto: Getty Images/iStockphoto

3. Proses Pembentukan yang Cukup Lama

Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil BaruIni Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru Foto: Getty Images/iStockphoto

Proses pembentukan sarang burung walet ini tak sebentar. Butuh waktu sekitar empat bulan hingga sarang burung bisa diambil, setelah tekstur air liurnya menjadi keras.

Tak hanya menggunakan metode peternakan saja. Sarang burung walet juga bisa ditemukan di alam bebas. Biasanya para petani akan menemukannya di bagian dalam gua yang lembab dan gelap.

Tingginya permintaan pasar akan sarang burung walet, membuat orang-orang mulai beternak sarang ini. Mereka menggunakan atap bangunan yang tinggi hingga bangunan kosong, untuk membentuk lingkungan ideal dalam memproduksi sarang burung walet.

4. Industri yang Menggiurkan

Sarang Burung Walet Harta Karun RISarang Burung Walet Harta Karun RI Foto: iStock


Menurut H. Anang, salah satu pengusaha sarang burung walet di Samuda. Ia bisa mengantongi omzet hingga Rp 700 juta dalam sekalin panen sarang burung walet.

Sementara itu di Malaysia, estimasinya ada sekitar 30,000 produsen sarang burung walet. Industri ini menyumbang sekitar SGD 400 juta atau sekitar 4 triliun rupiah untuk ekonomi di Malaysia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: BBQ Tomahawk yang Super Empuk dan Gurih"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com