Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 20 Mar 2021 17:00 WIB
Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Mirip ikan arwana, sarang burung walet dianggap sebagai makanan mewah hingga bergengsi di negara Asia. Harganya bisa setara dengan mobil baru.

Selama puluhan tahun, bisnis sarang burung walet jadi usaha yang menjanjikan serta menguntungkan. Tak hanya populer diolah ke dalam berbagai jenis makanan saja. Tapi sarang burung walet ini digunakan sebagai hadiah hingga produk perawatan kulit.

Dilansir dari INSIDER (20/03), sarang burung walet ini hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Timur. Sarang burung walet terbentuk dari air liur burung walet yang dibuat sarang dan bisa dimakan.

Berikut beberapa alasan mengapa harga sarang burung walet fantastis mahalnya di pasaran.

Baca Juga: Kulit Kencang dan Stamina Terjaga Berkat Sarang Burung Walet

1. Sejarah Sarang Burung Walet

Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil BaruIni Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru Foto: Getty Images/iStockphoto

Selama ratusan tahun orang-orang China yang tinggal di China, Taiwan, Hong Kong hingga Singapura sudah merebus dan memakan sarang burung walet. Sarang burung ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit hingga mencerahkan kulit.

"Menurut saya, tidak ada yang tahu pasti tentang sejarah awal mengapa seseorang merebus dan menyantap sarang burung walet," jelas Justin Chiam, selaku pemilik dari The Purest Co, produsen sarang burung walet di Singapura.

Tapi menurut legenda, saat itu ada bangsawan China yang terobsesi untuk awet muda. Ia kemudian mengirim orang ke penjuru dunia, dan menemukan sarang burung walet di Indonesia.


2. Terbentuk Secara Alami

Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil BaruIni Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru Foto: Getty Images/iStockphoto

Kebanyakan tumbuhan hingga hewan yang berharga fantastis, memiliki populasi yang langka sampai proses pembuatan yang sulit. Seperti sarang burung walet contohnya. Sarang burung ini sangat populer di Asia terutama di budaya kuliner China.

Meski begitu industri sarang burung walet juga bisa ditemukan di Indonesia. Seperti di kaswasan Samuda, Kalimantan Tengah. Sejak dulu kawasan ini terkneal sebagai penghasil sarang burung walet.

Sarang burung walet terbentuk secara alami dari air liur burung walet liar. Meskipun terkesan menjijikkan tapi sarang burung walet memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Sarang burung walet mengandung beberapa nutrisi penting seperti protein, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Risotto Seafood hingga Stracciatella Pizza"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com