Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Mar 2021 15:30 WIB
Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto Foto: Instagram sotobetawimiyamoto

Tantangan di tengah pandemi Covid-19

Diakui Mico, SBM menghadapi tantangan bisnis di tengah pandemi Covid-19, apalagi restoran mereka baru dibuka tahun lalu.

"Tetapi sayangnya setelah kami buka tahun lalu, dunia langsung masuk ke pandemi. Setelah kita buka tokonya, 2 bulan kemudian ditutup sementara (akibat Covid dan keadaan darurat)," ujar Mico.

Kini SBM bisa kembali beroperasi, namun memiliki batasan waktu. Ia menuturkan, "Karena di Jepang sekarang masih memutuskan keadaan darurat."

Dalam kondisi ini, restorannya ramai pengunjung di waktu makan siang, sekitar pukul 12.00. Mico mengatakan banyak orang Jepang awalnya ragu mencicipi soto betawi karena namanya sulit dibaca.

"Mereka juga banyak yang tidak suka santan, tapi mereka bisa makan santan kalau di SBM karena dibuat spesial," kata Mico. Orang Jepang menyamakan rasa soto betawi dengan cream stew khas Jepang atau green curry dari Thailand.

Harga soto betawi memang tergolong mahal

Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak RestoViral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto Foto: Instagram sotobetawimiyamoto

Di Indonesia, SBM jadi sorotan karena mematok harga cukup tinggi yaitu Rp 160 ribu per mangkuk soto betawi. Diakui Mico harga ini sebenarnya juga tergolong mahal di kantong orang Jepang.

"Menurut dompet orang Jepang juga sebenarnya mahal. Tetapi mungkin tamu kami berpikir makanan ini berharga untuk bisa dimakan di Jepang," jelas Mico.

Mico sendiri merupakan orang Indonesia yang lahir dan besar di Jepang. Ia kini mengelola SBM dengan bekal pengalaman orang tuanya dulu sempat memiliki restoran Indonesia bernama Jembatan Merah.

"Sekarang saya suka makanan Indonesia. Dari pengalaman itu, saya bisa mengenalkan pesona makanan Indonesia ke orang Jepang," tutup Mico yang sebelumnya mengaku tak suka makanan Indonesia.

Baca Juga: Dari Spanyol hingga New York, Ini 5 Restoran Indonesia yang Mendunia

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com