Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Mar 2021 15:30 WIB
Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto Foto: Instagram sotobetawimiyamoto

SBM memperkenalkan soto betawi pada orang Jepang

Hadirnya SBM di Jepang juga diharapkan dapat membuat banyak orang Jepang tahu kalau makanan Indonesia yang enak bukan hanya nasi goreng, mie goreng, dan sate saja.

Pasalnya Mico mengakui masih banyak orang Indonesia yang mengenal Indonesia hanya "Bali". "Bahkan ada juga orang yang tidak tahu kalau Bali itu ada di Indonesia," ujarnya.

Karena hal ini pula banyak restoran Indonesia di Jepang mengusung konsep Bali supaya lebih mudah dikenal. Hanya saja SBM pilih konsep berbeda.

Mico mengatakan, "Kami fokus ke Betawi karena kota pusat Indonesia. Kami ingin juga juga menyajikan masakan lokal Indonesia untuk orang Jepang dan orang Indonesia yang tinggal di Jepang."

Baca Juga: 17 Restoran Indonesia di Luar Negeri yang Tersohor Nikmat

Pakai resep autentik

Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak RestoViral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto Foto: Instagram sotobetawimiyamoto

Ditanya soal resep soto betawi SBM, Mico mengatakan restorannya menggunakan resep autentik Indonesia. Sebelumnya pihak SBM bahkan melakukan riset dan tes jelang pembukaan restoran.

"Lebih dari 90% orang Jepang suka rasa SBM," kata Mico. Seporsi soto betawi di sini berisi potongan daging sapi, babat sapi, kentang, dan tomat.

Disukai orang Jepang

Sejauh ini, Mico mengakui banyak orang Jepang suka cita rasa soto betawi di SBM. Mereka tak terlalu asing saat menyantapnya karena soto betawi mirip dengan beberapa hidangan Jepang.

"Dan juga kami memakai beras Jepang. Beras Jepang itu seperti ketan, agak lengket sedikit. Itu yang membuat rasa soto di sini digemari karena sotonya bisa 'menangkap' nasi pulen itu," jelasnya.

Menurut Mico, perpaduan antara nasi Jepang yang pulen dan kuah soto betawi yang gurih sangatlah pas. "Banyak tamu kembali datang lagi setelah mencobanya," tambahnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com