Berat Badan Ideal Bisa Didapat dengan 7 Trik Mudah Ini

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 17 Mar 2021 06:00 WIB
Jam Makan Diet Agar BB Turun 4,5 Kg Seminggu, Coba Diet 8 Jam Ini Foto: Getty Images/iStockphoto/Rocky89
Jakarta -

Bukan hanya pola makan, cara makan ternyata juga bisa membuat diet tak kunjung berhasil. Trik ini ampuh untuk turunkan berat badan sehingga kamu memiliki berat badan ideal.

Saat menjalankan diet, para pelaku diet biasanya hanya berfokus pada makanan "apa" yang perlu disantap dan bukan "bagaimana" mengonsumsinya. Padahal hal kedua ini tak kalah penting demi mendapat berat badan ideal.

Asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh memang penting untuk diperhatikan, terutama ketika ingin melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Tetapi, bukan hanya tentang apa yang harus dimakan dan perhitungan kalorinya, ada sejumlah trik yang harus dilakukan untuk membantu diet menjadi lebih efektif dan berhasil.

Berikut ini ada 7 trik mudah untuk kendalikan kalori dan meraih berat badan ideal, menurut Very Well Fit (22/1):

1. Makan Perlahan

Sebagian orang mungkin akan makan siang dengan cepat akibat keterbatasan waktu dan kesibukan. Tetapi jika kamu sedang menjalankan diet dan ingin diet lebih efektif, hindari makan terburu-buru.

Setiap waktu makan, usahakan untuk menerapkan "mindful eating" atau menaruh perhatian penuh pada makanan dan waktu makan. Makan secara perlahan bahkan diketahui dapat mengurangi asupan hingga 100 kalori per hari dan membantu diet menjadi efektif dalam hitungan bulan.

2. Porsi Kecil

Cara Melakukan Diet Paleo yang Meniru Pola Makan Manusia Purbaporsi kecil Foto: iStock

Menggunakan piring kecil akan lebih efektif dibandingkan dengan makan porsi kecil dalam piring besar. Piring kecil ini secara tidak langsung membuat porsi kecil akan terasa cukup mengenyangkan.

Cara ini menjadi cara yang juga dikatakan paling efektif untuk mengurangi porsi makan. Melihat piring kecil yang penuh dibandingkan piring besar dengan porsi kecil akan lebih membantu otak untuk mengirimkan sinyal kenyang.

Baca Juga: 7 Cara Alami Turunkan Berat Badan Ini Terbukti Efektif Secara Ilmiah

3. Makan di Meja Makan

Saat makan pada tempat yang tidak seharusnya, kecenderungan makan berlebihan akan semakin besar. Misalnya pada saat menonton TV dan memegang camilan, tanpa sadar kamu akan makan tanpa henti.

Sedangkan, dengan makan pada posisi yang semestinya di meja makan dan tanpa melakukan apapun selain makan akan memberikan konsentrasi penuh pada makanan. Melakukan pekerjaan lain selain makan akan membuat otak sulit mengenali seberapa lapar tubuh kamu.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com