Selain Untuk Hangatkan Makanan, Ini 7 Fungsi Lain dari Microwave

Diah Afrilian - detikFood Senin, 15 Mar 2021 08:00 WIB
7 Mitos Keliru Tentang Microwave yang Tidak Perlu Kamu Percaya Foto: Getty Images/mixetto
Jakarta -

Microwave lebih banyak dipakai untuk menghangatkan makanan. Ternyata ada fungsi lain dari microwave. Dari membuat kue hingga keringkan rempah.

Microwave menjadi penyelamat di dapur. Hampir semua pekerjaan dapat terbantu dengan kehadiran microwave di dapur.

Mulai dari menghangatkan makanan bahkan hingga memasak makanan. Ternyata, banyak hal yang bisa dilakukan dengan microwave daripada hanya sekadar memanaskan makanan saja.

Bahkan salah satunya dikatakan bisa meminimalisir menangis saat memotong bawang. Simak tips berikut dan rasakan sensasi memasak yang lebih menyenangkan.

Dilansir melalui Shared (10/3), ada 7 hal yang bisa dilakukan untuk mengefektifkan fungsi microwave di dapur:

1. Memanaskan Bawang Bombay

Selain Melezatkan Makanan, Bawang Bombai Punya 7 Manfaat Sehat IniSelain Untuk Hangatkan Makanan, Ini 7 Fungsi Lain dari Microwave Foto: iStock

Memotong bawang bombay seringkali membuat mata menjadi berair dan terasa perih. Ternyata ada cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisirnya.

Memanaskan bawang bombay sebelum memotongnya dapat membantu merusak komponen bawang bombay yang menyebabkan menangis. Secara sederhana cukup panaskan bawang bombay selama 45 detik dalam microwave sebelum dipotong.

2. Mematangkan Pisang

5 Fakta Diet Pisang, Cara Turunkan Badan Tanpa SiksaanSelain Untuk Hangatkan Makanan, Ini 7 Fungsi Lain dari Microwave Foto: iStock

Beberapa jenis pisang susah untuk melunak walaupun sudah matang. Ternyata ini bisa diatasi dengan microwave.

Tusuk-tusuk pisang dengan garpu hingga membuat beberapa lubang kecil. Panggang dalam microwave selama 1 - 2 menit. Setelah selesai kamu akan mendapatkan pisang yang sudah empuk dengan kematangan yang sempurna.

Baca Juga: Perlu Kamu Tahu, 9 Hal yang Bisa Dilakukan dengan Microwave

3. Mac & Cheese

Portion of macaroni and cheeseSelain Untuk Hangatkan Makanan, Ini 7 Fungsi Lain dari Microwave Foto: iStock

Ini menjadi salah satu resep sederhana yang banyak direkomendasikan. Bahkan, resep ini juga bisa digunakan jika ingin melibatkan anak sambil mengajarkan memasak.

Cukup campur semua bahan Mac & Cheese termasuk makaroni yang sebelumnya sudah direbus ke dalam cangkir. Panaskan selama 2 - 3 menit. Mac & Cheese siap disajikan.

4. Memanggang Kacang, Teung Roti dan Rempah

Fried peanuts in a jar on white background.Selain Untuk Hangatkan Makanan, Ini 7 Fungsi Lain dari Microwave Foto: Getty Images/iStockphoto/JokoHarismoyo

Beberapa resep masakan membutuhkan kacang yang dipanggang, tepung yang sudah disangrai bahkan rempah yang sudah dipanggang sebelumnya. Cara ini bisa diatasi dengan microwave dan mangkuk.

Taruh kacang, tepung roti atau rempah pada mangkuk dengan lapisan tipis dan jangan menumpuk. Nyalakan microwave selama 1 menit, aduk merata dan cek kecokelatannya secara berkala. Lanjutkan dengan 10 detik selanjutnya hingga coklat keemasan.

5. Mengukus Sayuran

Broccoli florets being cooked in a steamer.Selain Untuk Hangatkan Makanan, Ini 7 Fungsi Lain dari Microwave Foto: Getty Images/iStockphoto/lucentius

Masih megukur sayuran dengan cara lama? Microwave bisa melakukan hal tersebut dengan lebih sederhana.

Pertama-tama, tambahkan air pada sayuran dan tutup menggunakan piring atau paper towel. Panggang dalam microwave selama 3 - 5 menit dan periksa dengan garpu.

6. Membuat Kue

A flourless chocolate cake sits on a cake stand, ready for consumption.Selain Untuk Hangatkan Makanan, Ini 7 Fungsi Lain dari Microwave Foto: Getty Images/iStockphoto

Ngidam makanan yang manis-manis seperti kue? Jangan khawatir kamu bisa membuatnya dengan mudah di rumah.

Cukup siapkan semua bahan pembuat kue yang kamu inginkan. Campur dan aduk merata dalam cangkir. Masukkan ke microwave dan masak kira-kira 15-20 menit.

7. Mengeringkan Herbal Segar

Bingung menyimpan herbal? Untuk menghindari bumbu herba menjadi layu dan rusak, herba bisa dikeringkan agar lebih awet.

Letakkan herba atau rempah segar yang ingin dikeringkan pada 2 lapis tisu dapur di atas piring. Panaskan selama 2-3 menit di dalam microwave. Herba akan kering dengan sempurna dan siap disimpan.

Baca Juga: Ini Dia Fungsi Oven Microwave yang Komplet!



Simak Video "Mengintip Warung Angkringan Milik Dimas Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com