Tips Masak Daging Wagyu di Rumah dari Chef Arnold Poernomo

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 13 Mar 2021 11:00 WIB
Tips Masak Daging Wagyu di Rumah dari Chef Arnold Poernomo Foto: iStock/Twitter
Jakarta -

Berbeda dengan jenis daging lainnya. Memasak daging wagyu butuh trik khusus agar kualitasnya tetap terjaga. Chef Arnold bagikan tips masak wagyu di rumah.

Tekstur wagyu yang sangat lembut dan rasanya yang khas membuat jenis daging sapi yang satu ini harganya mahal di pasaran. Berasal dari Jepang, daging wagyu dihasilkan dari sapi-sapi asli Jepang yang berkualitas.

Ada juga daging wagyu Amerika dan Australia yang berasal dari beberapa persilangan jenis sapi.

Dalam virtual workshop 'Little Taste of Heaven', yang diselenggarakan PT. Subur Arta Utama (12/03) chef Arnold Poernomo membagikan tips mudah memasak wagyu yang enak di rumah, tanpa mengurangi kualitas wagyu. Apa saja tips dan triknya?

Baca Juga: Chef Arnold Masak Wagyu Rp 3,3 Juta, Netizen: Kemiskinan Ku Meraung


Simpan Wagyu dalam Suhu Dingin

Chef Arnold Poernomo masak wagyuChef Arnold Poernomo masak wagyu Foto: Twitter Arnold Poernomo

Wagyu memiliki banyak lemak natural yang bisa meleleh jika berada dalam suhu udara yang tinggi. Chef Arnold menyarankan untuk memotong hingga menyiapkan daging wagyu di ruangan yang dingin.

"Trimming daging wagyu harus di ruangan yang dingin. Karena lemak wagyunya itu akan lumer di tangan kita," tutur Chef Arnold.

Hindari meletakkan daging wagyu di suhu ruangan terlalu lama. Karena selain membuat lemaknya menjadi lumer, kualitas dan rasa daging akan menurun.


Alasi Tangan dengan Tisu

Tips Masak Daging Wagyu di Rumah dari Chef Arnold PoernomoTips Masak Daging Wagyu di Rumah dari Chef Arnold Poernomo Foto: iStock/Twitter

Selain memotong daging wagyu di ruangan yang dingin. Chef Arnold memberikan tips agar menggunakan tisu saat menyentuh daging wagyu untuk dipotong.

"Setiap potong daging wagyu usahakan pakai tisu di tangan kiri kita. Tujuannya agar body heat (suhu tubuh) dari tangan kita tidak terpapar langsung ke lapisan daging. Jadi lemaknya ini tidak cepat lumer," ungkap selebriti chef berusia 32 tahun ini.

"Daging wagyu ini tidak bisa disimpan di suhu ruangan ya. Ini berlaku untuk semua daging. Karena daging ini bisa oksidasi dan warnanya akan berubah. Udara terbuka ini membuat daging menjadi rusak dan bakteri menumpuk. Jadi kalau bisa daging langsung dimasak setelah dikeluarkan dari lemari pendingin," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Masak Masak: Bikin Rendang Sultan Bareng Dims The Meat Guys"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com