Arti Nasi Kotak Bagi Driver Ojol Ini Bikin Banyak Bersyukur

Riska Fitria - detikFood Jumat, 12 Mar 2021 18:30 WIB
Arti Nasi Kotak Bagi Driver Ojol Ini Bikin Banyak Bersyukur Foto: TikTok @gerakansarapanberkah
Jakarta -

Mungkin bagi sebagian orang nasi kotak adalah hal yang sepele. Namun, bagi driver ojek online yang satu ini nasi kotak memiliki arti tersendiri.

Bersedekah adalah hal yang mulia. Tak melulu uang, bersedekah juga bisa dilakukan dengan memberi makanan. Seperti yang dilakukan oleh Gerakan Sarapan Berkah (GSB).

Gerakan sosial yang diprakarsai oleh Ustad Mujiadi Raynah, MA ini rutin memberikan nasi kotak untuk orang-orang yang membutuhkan. Momen-momennya dapat dilihat lewat akun TikTok @gerakansarapanberkah.

Baca Juga : Salut! Komunitas Berbagi Nasi Ini Bagikan Makanan Gratis

Dari sekian banyak momen, ada salah satu video yang menarik perhatian. Adalah video saat memberikan nasi kotak untuk seorang driver ojol yang ditemui di pinggir jalan.

Arti Nasi Kotak Bagi Driver Ojol Ini Bikin Banyak BersyukurArti Nasi Kotak Bagi Driver Ojol Ini Bikin Banyak Bersyukur Foto: TikTok @gerakansarapanberkah

Mungkin bagi sebagian orang nasi kotak hanyalah hal kecil. Namun, bagi driver ojol tersebut sangat berarti. Bahkan wajahnya tampak bahagia ketika diberikan nasi kotak.

"Awalnya kami biasa saja ketika membagikan, tapi air mata ini mengalir ketika kami bertanya, 'sudah makan pak?," tulisnya dalam caption.

Saat ditemui, ternyata driver ojol tersebut belum makan. Driver ojol itu mengaku tak punya cukup uang untuk membeli makanan. Sementara uang hasil ngojeknya belum bisa diambil karena harus mencapai jumlah tertentu.

"Uangnya belum bisa diambil. Karena semuanya bayar gak tunai. Baru bisa diambil kalau sudah Rp 50.000. Ini masih kurang Rp 14.000," ujar driver ojol.

Arti Nasi Kotak Bagi Driver Ojol Ini Bikin Banyak BersyukurArti Nasi Kotak Bagi Driver Ojol Ini Bikin Banyak Bersyukur Foto: TikTok @gerakansarapanberkah

Lebih lanjut, driver ojol tersebut menceritakan bahwa hasil ngojeknya hari itu membuatnya bersyukur. Mengingat di hari sebelumnya, dia tak mendapat sepeser uang pun.

"Ini udah alhamdulillah banet mas, kemarin 1.000 rupiah pun gak bawa uang ke rumah. Alhamdulilah masnya bawa makanan, mungkin ini rezeki yang dikirimkan dari Allah," ujarnya.

Karena itulah driver ojol itu sangat bersyukur begitu mendapat nasi kotak dari Gerakan Sarapan Berkah. Dikonfirmasi detikcom (12/03) GSB menyebut ejadian itu juga menjadi alasan mengapa GSB rutin turun ke jalan untuk berbagi sesama.

"Inilah alasan kenapa setiap hari kami turun ke jalan membawa kotak yang berisi nasi," tulis dalam caption.

Arti Nasi Kotak Bagi Driver Ojol Ini Bikin Banyak BersyukurArti Nasi Kotak Bagi Driver Ojol Ini Bikin Banyak Bersyukur Foto: TikTok @gerakansarapanberkah

Video tersebut pun menjadi viral dan sukses membuat netizen merasa haru. Selain itu, tak sedikit juga netizen yang menjadi terdorong untuk terus bersyukur dengan apa yang dimiliki.

"Ya Allah selama ini aku sering gak bersyukur. Masih bisa makan padahal di luar sana banyak orang yang kesusahan," tulis netizen.

"Tertampar dengan video ini. Selama ini ngerasa banyak kurangnya. Tapi di luar sana masih ada yang lebih kurang. Ingatan buat kita untuk selalu bersyukur," tulis netizen lainnya.

Nah, aksi kemanusiaan ini juga membuka donasi untuk saling membantu dengan memberikan nasi kotak. Bantuan berupa donasi tersebut dapat dikirimkan melalui rekening:

1. BNI Syariah
3011116660
a/n Yayasan Brilian Cahaya Indonesia

2. BCA
1940339088
a/n Qonita Azizah

Baca Juga : Lewat 'Nasi Estafet' Berbagi Saat Pandemi Makin Gampang



Simak Video "Bikin Laper: Pedas Manis Tteokbokki Skewer untuk Menu Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com