Duh! Pasangan Lansia Ini Beternak Tikus Belanda Untuk Dimakan

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 17:00 WIB
Duh! Pasangan Lansia Ini Beternak Tikus Belanda Untuk Dimakan Foto: Facebook Campbell
Jakarta -

Bukan beternak ayam atau sapi, pasangan lansia ini lebih suka beternak tikus belanda. Tikus tersebut mereka jadikan bahan makanan sehari-hari.

Guinea pig atau tikus Belanda adalah hewan pengerat yang biasanya dijadikan peliharaan, karena wajahnya yang imut dan menggemaskan. Akan tetapi banyak juga orang yang mengonsumsi daging tikus Belanda.

Baca Juga: Wow! YouTuber Ini Masak Daging Tikus Bambu di Tengah Hutan

Seperti pasangan lansia asal Wynyard, Tasmania, Australia ini contohnya. Rees dan Col Campbell memiliki peternakan tikus Belanda, di mana daging tikus ini mereka konsumsi sebagai makanan sehari-hari.

Duh! Pasangan Lansia Ini Beternak Tikus Belanda Untuk DimakanDuh! Pasangan Lansia Ini Beternak Tikus Belanda Untuk Dimakan Foto: Facebook Campbell

"Tentunya ini bukan kebiasaan banyak orang untuk memelihara tikus Belanda dan memakan dagingnya," jelas Campbell dilansir dari Daily Mail UK (10/03).

"Tapi jika kami akan memakan daging tikus Belanda, maka kami akan memiliki daging tikus Belanda yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Semua tikus Belanda yang kami ternak cukup bahagia di sini. Jadi ketika mati pun, mereka dalam keadaan bahagia," lanjut Campbell.

Meski punya kebiasaan makan yang tak umum. Tapi Campbell mengaku bahwa semua tikus Belanda nya ini diternak dengan cara yang ramah lingkungan. Mereka hanya makan sisa-sisa sayuran dari kebun dan tidak merusak lingkungan.

"Orang Australia kebanyakan punya pandangan yang aneh tentang hewan-hewan imut. Menurut saya sendiri banyak orang yang enggan makan satu jenis daging hewan, karena mereka pikir hewan itu menggemaskan," ungkapnya.

Duh! Pasangan Lansia Ini Beternak Tikus Belanda Untuk DimakanDuh! Pasangan Lansia Ini Beternak Tikus Belanda Untuk Dimakan Foto: Facebook Campbell

Biasanya tikus Belanda ini baru disembelih ketika Campbell dan suaminya akan masak. Jadi dagingnya masih segar dan kualitasnya terjaga.

Campbell juga cukup kreatif dalam mengolah daging tikus Belanda. Biasanya dia paling suka memasak daging ini jadi gulai atau sup. Lengkap dengan tomat dan beberapa rempah dari Tasmania.

Tak hanya dirinya dan suaminya saja yang memuji rasa daging tikus Belanda. Bahkan beberapa tamu yang datang ke rumahnya, dan sempat makan daging tikus Belanda mengaku bahwa rasanya cukup enak.

Duh! Pasangan Lansia Ini Beternak Tikus Belanda Untuk DimakanDuh! Pasangan Lansia Ini Beternak Tikus Belanda Untuk Dimakan Foto: Facebook Campbell

Kini ada 14 ekor tikus Belanda yang diternak oleh pasangan itu untuk makanan sehari-hari. Mereka juga memiliki lebih dari 120 spesies tanaman Tasmania yang bisa dimakan setiap harinya.

Tak hanya dijadikan makanan sehari-hari. Sebelumnya tikus Belanda juga dijadikan bahan utama dalam pembuatan es krim di Ekuador.

Baca Juga: Berani Cicip? Ini Es Krim Rasa Daging Tikus Belanda yang Hits



Simak Video "Gerai Mungil Ini Tawarkan Ragam Varian Croissant yang Enak!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com