Tips Bikin Ayam Goreng Tepung yang Renyah Garing

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 13:30 WIB
Tips Bikin Ayam Goreng Tepung yang Renyah Garing Foto: Getty Images/iStockphoto/bit245
Jakarta -

Ayam goreng tepung digemari banyak orang karena rasa gurihnya. Aromanya yang gurih makin enak dimakan hangat dengan cocolan saus cabe.

Restoran cepat saji yang memiliki menu ayam goreng menjadi raja bagi para pelanggannya. Hal ini karena ayam goreng banyak diminati bahkan oleh sebagian populasi di dunia.

Rasa yang gurih dan kulit ayam yang renyah menjadi hal yang dicari oleh para pelanggan restoran cepat saji. Sayangnya, terlalu banyak konsumsi makanan dari restoran cepat saji akan membahayakan kesehatan.

Tetapi hal tersebut bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Ada cara yang bisa dilakukan jika ingin membuat ayam goreng tepung seenak buatan restoran.

Berikut ini tips dan trik untuk membuat ayam goreng yang renyah lezat menurut Today (5/3):

1. Potong ayam dengan tepat

Memotong bahan makanan yang akan dimasak menjadi kunci untuk mendapatkan kematangan yang merata. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Memotong ayam menjadi 8, 9 atau 12 potong akan menjadi potongan yang pas untuk membuat ayam goreng. Ukuran potongan yang sama akan memudahkan ayam matang bersamaan, merata hingga ke bagian dalamnya.

2. Marinasi

Tips Bikin Ayam Goreng Tepung yang Renyah GaringTips Bikin Ayam Goreng Tepung yang Renyah Garing Foto: Getty Images/iStockphoto/bit245

Rahasia ayam goreng yang masih lembut di bagian dalamnya adalah marinasi dengan bumbu ataupun air garam. Marinasi ini bertujuan untuk membuat daging ayam memiliki rasa yang lebih kaya dan menjaga kelembaban daging saat pemasakan.

Secara tradisional, campuran bumbu halus, garam dan air juga sudah cukup untuk memarinasi ayam. Tetapi jika ingin yang lebih lezat, gunakan marinasi buttermilk. Buttermilk bisa dibuat dengan mengaduk 200 ml susu cair dengan 1 sdm air jeruk nipis/lemon.

Baca Juga: Eksperimen 3 Tahun, YouTuber Ini Ngaku Temukan Resep Ayam KFC

3. Jangan Terburu-buru

Tips Bikin Ayam Goreng Tepung yang Renyah GaringTips Bikin Ayam Goreng Tepung yang Renyah Garing Foto: Getty Images/iStockphoto/bit245

Untuk menghasilkan hidangan ayam goreng yang terbaik, memasak harus dilakukan dengan perlahan. Terburu-buru saat memasak tidak akan membuat bumbu meresap sempurna ke dalam daging ayam.

Terutama pada saat marinasi. Ayam harus direndam dalam bumbu atau buutermilk minimal 24 hingga 48 jam. Buttermilk akan membuat daging ayam lembut dan gurih.

4. Perkaya Bumbu

Marinasi bukan hanya sekadar menghilangkan amis dan memberikan rasa dasar bagi ayam. Menambahkan rempah-rempah untuk membumbui ayam menjadi penting fungsinya untuk mendapatkan ayam yang kaya rasa.

Seperti yang dilakukan pada salah satu restoran ayam goreng, bahkan mereka menggunakan 11 rempah rahasia untuk membumbui ayamnya. Rempah akan memberikan cita rasa yang khas, kaya bahkan manfaat untuk kesehatan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Kulit Ayam Goreng Krispi ala Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com